Social Media

Share this page on:

Dengan Alat Ini Limbah Air Bekas MCK Bisa Disulap Jadi Air Bersih

01-08-2016 - 16:42
Bentuk rancang pengolahan limbah air mck (foto : Hesti Kusuma Wardhani/MalangTIMES)
Bentuk rancang pengolahan limbah air mck (foto : Hesti Kusuma Wardhani/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Bisakah  limbah air  bekas mandi, cuci dan  buang air besar diolah kembali menjadi air bersih?

Pertanyaan di atas berhasil dijawab oleh sekelompok mahasiswa yang berasal dari Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya Kota Malang.

Mereka melakukan penelitian tentang pengolahan  air limbah mck ( mandi, cuci, kakus) menjadi air bersih kembali agar jika dibuang ke badan sungai sudah sesuai dengan baku mutu yang di tetapkan dan tidak mencemari lingkungan.

"Ide itu kami dapat dari kegiatan sehari-hari kita yang tidak terlepas dari air. Jadi gimana caranya supaya air bekas itu bisa dipakai kembali dan mengurangi pencemaran lingkungan," ujar Ditasya Putri, Ketua kelompok penelitian.

Bersama dengan keempat teman lainnya yaitu Cahya Sriwulandari (FTP/2013), Ragilia Dwi Indah Sari(FTP/2013), Dystie Anggun Rahmawati(FTP/2013), dan Qisthi Almaydea Putri(FTP/2015)  penelitian yang dimulai dari bulan Maret sampai dengan bulan Juni 2016 ini akhirnya berhasil mengubah air limbah mck menjadi air bersih non konsumsi kelas II.

Mereka berharap dari penelitian ini nantinya masyarakat juga bisa mengolah air limbah sendiri di rumah.

 "Karena kami juga membuat rancang bangun instalasi pengolahan air limbah skala rumah tangga, nantinya masyarakat juga bisa membuatnya sendiri dan mengolah limbahnya sendiri dengan mudah," ujarnya.


Pewarta : Hesti Kusuma Wardhani
Editor : Heryanto
Publisher : Aditya Fachril Bayu


Top