Social Media

Share this page on:

Kopi Dampit Malang, Salah Satu Kopi Terbaik Dunia

20-08-2016 - 13:20
Dok.Bupati Malang membuka Pekan Kopi di Dampit
Dok.Bupati Malang membuka Pekan Kopi di Dampit

MALANGTIMES - Banyak sekali masyarakat Indonesia yang tidak mengetahui bahwa kopi yang tumbuh dan diolah oleh tangan para petani kopi nusantara, merupakan salah satu kopi terbaik yang diakui oleh dunia.

Pengakuan dunia atas kopi Indonesia adalah dengan adanya sertifikat 4C (Common Code for the Coffe Community) yang dikeluarkan oleh asosiasi industri kopi dunia yang berpusat di Bonn, Jerman.

Salah satu kopi yang diakui kualitas dan rasanya oleh dunia adalah kopi Dampit dengan jenis kopi robusta yang hampir 90% diekspor ke luar negeri.

Hal ini sama dengan apa yang disampaikan oleh Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Malang, Tomie Herawanto.

“Kopi Dampit sangat populer dalam sejarah perkopian, baik di Indonesia maupun Dunia. Hal ini dibuktikan dengan sertifikat 4C oleh asosiasi industri kopi dunia. Kopi dampit mempunyai rasa istimewa, karena ditanam di ketinggian lebih dari 800 meter di atas permukaan air laut dan memiliki struktur tanah yang baik. Selain hal tersebut, Dampit memiliki sekitar 2.500 hektare lahan yang dijadikan perkebunan kopi dengan sedikitnya 3 juta pohon kopi ,”terang Tomie Herawanto.

Bagi pecinta kopi, dan didasarkan dari penilaian asosiasi industri kopi dunia, ada lima jenis kopi dengan kualitas terbaik, yaitu :

Kopi Robusta Dampit Malang, Indonesia, baik jenis Kopi Lanang/Peaberry , kopi luwak  dan  kopi amsterdam memiliki rasa istimewa karena di tanam di ketinggian lebih dari 800 m di atas permukaan air laut, suhu, cuaca, cara perawatan, lingkungan sekitar kebun, proses pasca panen, pengeringan hingga proses penyangraian yang dilakukan melalui budidaya ramah lingkungan, membuat kopi robusta dampit Malang jadi primadona kopi di dunia.

Kopi “Hacienda La Esmeralda” tumbuh di Boquete, Panama. Kopi ini populer di seluruh dunia karena rasanya yang nikmat. Sebagian besar Kopi ini dibudidayakan di bawah naungan pohon-pohon jambu biji.

Kopi “Island” Dari St Helena Coffee Company, yang terletak sekitar 1.200 mil di lepas pantai Afrika. Pulau St Helena adalah tempat utama tumbuhnya kopi jenis ini dan dipopulerkan oleh Napoleon Bonaparte yang membawa benihnya untuk diperkenalkan ke masyarakat prancis hingga akhirnya terkenal di dunia. 

Kopi “El Injerto” yang berasal dari wilayah Huehuetenango, Guatemala. Pada tahun 2006 kopi jenis ini pernah mendapatkan Piala of Excellence karena kualitasnya. 

Kopi “Fazenda Santa Ines” – Minas Gerais, Brazil dianggap sebagai salah satu negara penghasil kopi terbaik dalam sejarah, kopi ini adalah kreasi terbaik Cafe Artigiano, yaitu sebuah kafe terkenal di Kanada dan dua cabang kedai kopi lainnya di Australia.(*)


Pewarta : Nana
Editor :
Publisher : Herta Rizkasandi


Top