Social Media

Share this page on:

Inilah 5 Persiapan Menghadapi Hujan Turun

21-11-2016 - 05:50
Ilustrasi persiapan ketika menghadapi hujan turun. (Foto : Istimewa)
Ilustrasi persiapan ketika menghadapi hujan turun. (Foto : Istimewa)

MALANGTIMES - Musim hujan sudah menghampiri kita, bahkan selama beberapa hari belakangan langit sudah mulai mendung.

Walaupun siang hari terkadang panas. Bahkan di beberapa daerah lain juga sudah mengalami musim hujan. Bagaimana persiapan Anda menghadapi musim hujan. Nah, ini 5 persiapan ketika hujan turun versi MalangTIMES.

Berdasarkan pengalaman, beberapa wilayah di Malang Raya mengalami kebanjiran selama musim hujan.

Oleh karena itu, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan di musim hujan agar rutinitas dan kehidupan kita tetap normal.

Pertama, cek genteng rumah dan atap bangunan rumah Anda. Bisa jadi, genteng dan atap Anda di rumah bisa bocor atau pecah. 

Karena jarang terkena air, kita tidak tahu apakah ada kebocoran karena kerusakan yang dialami. Ada baiknya Anda cek genteng atap rumah dari kemungkinan bocor. 

Sering kali di atap bangunan Anda juga banyak terjadi penumpukan sampah yang harus segera dibersihkan agar air hujan tidak tersumbat.

Kedua, membersihkan saluran got ataupun saluran air di sekitar rumah. Dimusim panas, sampah sering terlupakan, terutama di tempat-tempat tersembunyi seperti got depan rumah. 

Memasuki musim hujan seperti saat ini, sudah saatnya kita bersihkan sehingga tidak merepotkan di kala hujan karena bisa menyumbat jalannya air.

Ketiga, menjaga kesehatan dengan mempersiapkan obat-obatan. Musim peralihan ini seringkali membuat badan lebih mudah terkena penyakit. 

Oleh karena itu siapkan obat sesuai dengan kebutuhan Anda. Beberapa obat diantaranya, obat panas, pilek, madu, dan vitamin-vitamin.

Keempat, payung dan jas hujan inilah yang paling diprioritaskan saat hujan turun. Pastikan payung-payung tidak ada yang rusak, dan sediakan di tempat yang mudah dijangkau. Demikian juga dengan jas hujan.

Bagi yang punya dan menggunakan sepeda motor, pastikan jas/mantel hujan Anda masih baik. Untuk yang naik mobil, pastikan wiper kaca depan masih bagus. 

Demikian juga dengan rem, mesin, AC dan ban kendaraan Anda, pastikan siap untuk digunakan selama musim hujan.

Kelima, mempersiapkan penerangan darurat seperti lilin dan lampu emergency. Karena musim hujan berpotensi adanya pemadaman listrik. 

Walaupun kurang disarankan, Anda bisa juga mempersiapkan lilin dan korek api untuk penerangan darurat.

Nah, itulah persiapan saat menghadapi hujan turun. Semoga informasi ini memberikan manfaat kepada kita semua.


Pewarta : Imam Syafi'i
Editor :
Publisher : Abdul Hanan


Top