Social Media

Share this page on:

Wali Kota Malang : Media adalah Elemen Penting dalam Pembangunan Daerah

03-12-2016 - 18:11
Situasi Sungai Pekalen Probolinggo yang banjir membuat rombongan Wali Kota Malang beserta wartawan gagal rafting. (Foto : Istimewa)
Situasi Sungai Pekalen Probolinggo yang banjir membuat rombongan Wali Kota Malang beserta wartawan gagal rafting. (Foto : Istimewa)

MALANGTIMES – Pemerintah Kota Malang menggelar kegiatan gathering bersama para wartawan di Songa Adventure Probolinggo, Sabtu (3/12/2016) sore.

Salah satu wartawan MalangTIMES, Imam Syafii turut mengikuti acara sambung rasa ini yang diikuti puluhan wartawan dari berbagai media, wartawan yang mengikuti yang keseharian meliput kegiatan Abah Anton di wilayah pemerintahan.

Sekitar pukul 06.30 WIB, puluhan wartawan dan rombongan Pemerintah Kota Malang berangkat dari Kantor Balai Kota Malang menuju Songa Adventure Probolinggo. Sekitar 3,5 jam perjalanan sudah sampai di tempat tujuan.

Wali Kota Malang, H. M. Anton beserta Ketua TP PKK Kota Malang, Farida Dewi Suryani didampingi para kepala SKPD, gayeng bersama dengan awak media mulai melakukan persiapan memakai peralatan rafting rampai kegiatan ramah tamah.

Usai memakai perlengkapan rafting, lalu berangkat ke area Songa Atas untuk rafting. Rombongan sampai di tempat tersebut ternyata hujan deras yang mengakibatkan debit air sungai mengalami kenaikan.

Akhirnya salah satu pemandu, Rudi mengatakan rafting tidak bisa diakukan, karena hujan deras dan Sungai Pekalen banjir.

''Demi keselamatan bersama, kami mohon maaf rafting tidak bisa dilakukan. Kita semua kembali ke Basecamp Songa Adventure,'' serunya.

Para rombongan pun kembali ke basecamp sesuai perintah Abah Anton dengan alasan keselamatan. Meskipun batal rafting, tapi para wartawan tetap semangat dan tidak menyesal. Lantaran mereka saling bersenda gurau bersama wartawan maupun dari para SKPD.

Gathering akhirnya digantikan dengan sambung rasa serta makan bersama dengan menu ala Songa Adventure dengan iringan musik electone dan penyanyi, para kepala dinas maupun wartawan, beramah tamah bergantian menyanyi dan berjoged. 

Yayan Nugroho, jurnalis televisi, mengatakan gathering ini jalin silaturahmi mendekatkan awak media yang biasa ngepos di Balai Kota, dengan Abah Anton.

“Harapan saya melalui gathering ini, wartawan dan walikota ada rasa kedekatan yang kuat. Kedekatan hubungan antar kedua belah pihak, Abah Anton juga diharapkan makin terbuka dalam memberi informasi penting terkait Kota Malang kepada wartawan,” jelasnya. 

Wali Kota Malang, H. M. Anton menyampaikan pihaknya hanya menyayangkan rafting gagal karena banjir akibat hujan deras. ''Andai raftingnya jadi, suasana akan makin lengkap sekali,'' ungkapnya.

Menurutnya, selain menjalin sinergitas dan silaturahmi, wartawan merupakan elemen penting dalam mendukung dan menginformasikan program-program pembangunan Kota Malang. 

''Melalui media, masyarakat bisa tahu bahwa Pemkot Malang tidak diam ketika terjadi bencana banjir atau permasalah lainnya,'' terangnya.

Lewat media pula, Anton menerima berbagai keluhan dan saran dari masyarakat untuk kemajuan Kota Malang. 

“Kami sangat apresiasi kepada teman-teman wartawan, yang mendukung pembangunan serta kelancaran pelayanan Pemkot Malang kepada masyarakat. Media adalah elemen penting pembangunan daerah,” ucapnya.

Kabag Humas Pemkot Malang, Nur Widianto pun menyebutkan kedekatan antara wartawan yang biasa ngepos di Pemkot Malang dan walikota, menjadi sinergi yang harus dipertahankan. 

''Media tetap bisa berperan sebagai kontrol sosial, namun menyajikan berita yang berimbang, konstruktif dan menginspirasi untuk kemajuan kota,'' ujarnya.


Pewarta : Imam Syafii
Editor :
Publisher : Abdul Rahman


Top