Social Media

Share this page on:

Kisah Ayah Miliki Tiga Putra Idiot

Makan dari Tetangga, Sudah Setahun Nunggu Janji Rumahnya akan Dibedah

28-12-2016 - 12:05
Kakek Nyoto dan kondisi dapur rumahnya di Turen, Kabupaten Malang (Foto: Wahida Rahmania Arifah/MalangTIMES)
Kakek Nyoto dan kondisi dapur rumahnya di Turen, Kabupaten Malang (Foto: Wahida Rahmania Arifah/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Bila pembaca menyimak kisah Kakek Nyoto, buruh tani di Kecamatan Turen Kabupaten Malang, yang hidup dengan tiga putra idiot pada seri sebelumnya, Anda pasti ingat perjalanan dua jurnalis MALANGTIMES kala menemui Kakek Nyoto di rumahnya.

Rumah itu lebih mirip gubuk. Atap rumah rusak. Tak heran, bila hujan tiba bocor di sana-sini. Kala itu, kami tak saja dipersilahkan duduk di ruang tamu. Kakek Nyoto mengajak kami masuk ke dalam. 

Ada kamar kecil yang menjadi pemisah antara ruang tamu dan dapur. Di situlah si bungsu Ripai biasa berbaring.

Sayang, siang itu Ripai dan dua kakaknya tidak ada di rumah. Sang Ayah hanya berujar pada kami bahwa Ripai keluar. Ia mengaku si bungsu akhir-akhir ini jadi jarang ada di rumah. 

Dengan bahasa Jawa halus terbata-bata, Kakek Nyoto bercerita sejak ditinggal meninggal sang istri, si bungsu jadi berubah.

Ripai bahkan sering keluar tiba-tiba. Walau memiliki keterbelakangan mental, baik Ripai maupun dua kakaknya hafal jarang pulang. 

Usai bertutur kisah dua anaknya, Kakek Nyoto mengajak kami meihat dapur. Luasnya kira-kira 9x12 meter.

Ruangan berlantai tanah itu tak terlihat seperti sebuah dapur. Hanya ada beberapa buah piring. Hampir tidak ada pemandangan lain selain peralatan dapur seadanya. Begitupun tidak ada makanan tersisa siang itu. 

Walau ada tungku di sudut dapur, Kakek Nyoto tak pernah memasak. Pria tua itu tersenyum. Ia mengaku mengandalkan makanan dari bantuan tetangga. 

Lauk nasi dan sambal sudah jadi barang wah bagi Kakek Nyoto dan tiga putranya. Bila beruntung tetangga berbaik hati mengirimkan lauk ayam goreng. 

Jangankan untuk memperbaiki rumah, makan saja Kakek Nyoto amat bersyukur mendapat bantuan dari tetangga.

Soal rumah tuanya ini, Kakek Nyoto sempat bercerita bahwa rumahnya sempat dijanjikan akan dibedah. Satu tahun telah berlalu dan hingga kini rumah Kakek Nyoto belum juga dibedah.

Belum cukup cobaan hidup bersama tiga putra idiot, Kakek Nyoto juga harus kehilangan sang istri. Simak terus kisah hidup Ayah dan tiga putra idiotnya itu hanya di MALANGTIMES. (*)


Pewarta : Wahida Rahmania Arifah
Editor :
Publisher : Angga .

TAG'S


Top