Social Media

Share this page on:

Akreditasi Jurusan Kampus Swasta di Malang Dipertanyakan (1)

Ratusan Ribu Mahasiswa Malang Dibohongi Kampus, Jurusan Tak Terakreditasi Tak Bisa Daftar CPNS

27-12-2017 - 14:00
ilustrasi
ilustrasi

MALANGTIMES - Anda tengah berkuliah di Malang? Bisa jadi anda termasuk ratusan mahasiswa yang 'dibohongi' kampus karena akreditasi jurusan yang tidak jelas. Saat ini, masih ada ratusan jurusan di kampus-kampus Malang Raya yang belum terakreditasi A. 

Salah satu imbasnya, pintu masuk menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS) bakal tertutup. Seperti yang dialami Ega (bukan nama sebenarnya), salah satu alumni Universitas Merdeka (Unmer) Malang dari jurusan manajemen. Ega tidak mengetahui jika jurusan yang diambilnya masih terakreditasi B. 

Akreditasi Jurusan Kampus Swasta di Malang Dipertanyakan (1) 

Perempuan yang tinggal di Jalan Simpang Sulfat itu mengaku baru mengetahui hal tersebut saat ingin mendaftar sebagai CPNS Badan Kepegawaian Negara (BKN) pada September lalu. Menurut Ega, dia terkejut ketika mengurus legalisir ijazah.

"Waktu itu tanya-tanya soal akreditasi, kaget ternyata akreditasi jurusanku B, nggak masuk syarat CPNS," ujar perempuan kelahiran Nganjuk itu. 

MalangTIMES lalu mengunduh pengumuman pendaftaran tersebut. Pengumuman dengan nomor 01/PENG.1/PANPEL.BKN/IX/2017 itu mencantumkan 17 persyaratan.

Pada poin 14, tercantum bahwa program studi pendaftar minimal terakreditasi B untuk perguruan tinggi negeri (PTN) dan akreditasi A untuk perguruan tinggi swasta (PTS). "Padahal IPK (indeks prestasi kumulatif) saya 3,4, harusnya bisa daftar," paparnya.  

Ega menyesalkan informasi soal akreditasi jurusan itu tidak diketahuinya saat pendaftaran. Saat itu, Ega mengaku tidak diterima di PTN sehingga memilih PTS yang terjangkau pembiayaan kuliahnya.

Maklum, dia selama ini menyambi bekerja agar bisa membayar uang kuliah. "Almarhum Ibu saya ingin anaknya jadi PNS, agar nggak soro (sengsara) lagi," tuturnya. 

Ega bukan satu-satunya yang mengalami hal tersebut. Pada Maret 2017 lalu, Lis Pratiwi menuangkan curahan hatinya di website icampusindonesia.com dengan judul 'Apakah Akreditasi Prodi dalam Ijazah Anda Diakui Semua Institusi?'.

Dalam tulisan itu, Lis menceritakan bahwa dirinya dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) dan gugur dalam tahap Pemeriksaan Administrasi Akhir (Rikmin Akhir) seleksi Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS) T.A 2017 yang merupakan seleksi menjadi Polri bagi sarjana.

"Padahal 11 Agustus 2016 secara resmi saya dinyatakan lulus sebagai sarjana dengan predikat cumlaude dari salah satu fakultas ilmu komunikasi terbaik se Indonesia," tulisnya.  

Dalam seri laporan khusus (lapsus) yang disusun tim MalangTIMES di penghujung 2017 ini, kami akan membedah seperti apa kondisi akreditasi PTS-PTS di Malang Raya.

Berdasarkan data perkiraan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Malang, jumlah mahasiswa yang menimba ilmu di Kota Pendidikan ini mencapai 300 ribu orang. 

Belum lagi jumlah yang sudah menjadi alumni. Apakah ada Ega dan Lis yang lain? Dan bagaimana masing-masing kampus beralibi? Simak dalam tulisan selanjutnya. 


Pewarta : Nurlayla Ratri
Editor : Heryanto
Publisher : Raafi Prapandha


Top