Social Media

Share this page on:

Tambah Daya Tarik, Pemkot Berencana Minta Izin Ahli Waris Makam Warnai Maesan Makam di jalur Menuju Kampung Kramat

13-02-2018 - 18:53
Jalan Menuju Kampung Kramat yang rencana makan dipingirannya akan dicat(Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Jalan Menuju Kampung Kramat yang rencana makan dipingirannya akan dicat(Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Kota Malang kini resmi memiliki kampung yang bernuasa horror namun bakalan asik dan nyaman untuk dikunjungi. Kampung terebut adalah Kampung Kramat yang terletak di Jalan Bali, kawasan Makam Kasin, Kelurahan Kasin, Kecamatan Klojen, Kota Malang.

Melewati komplek ratusan makam-makan untuk menuju Kampung Kramat, nampaknya akan menjadi tantangan serta daya tarik tersendiri ketika berkunjung ke kampung tersebut.  Jalur menuju kampung keramat, sudah didesain sedemikian rupa. Terdapat tatanan ban-ban bekas yang sudah diwarnai agar terlihat asik, menarik dan nyaman saat menikmati perjalanan menuju Kampung Kramat. 

Wali Kota Malang, HM Anton mengatakan berencana akan melakuakan pengecatan pada maesan makam-makam di pinggiran jalur menuju Kampung Keramat. 

Tujuannya untuk semakin menarik minat pengunjung. Apalagi, sebelumnya sudah ada pendukung gambar mural-mural tokoh horror tapi dikemas dengan lucu.

Rencana itu, kata Abah Anton panggilan akrabnya, sudah didiskusikan dengan anak-anak Malang Creative Fusion(MCF). Namun untuk pelaksanaannya, nanti akan meminta izin dari ahli warisnya boleh atau tidak. "Kalau memang tidak boleh, ya kita biarkan, namun kita data dulu, dan coba minta izin dengan ahli waris,"ujarnya

Selain itu, tambahan fasilitas lain juga akan ditambahkan dengan spot-spot berfoto yang menarik, ditambah dengan pelatihan-pelatihan kepada warga sekitar untuk membuat suatu produk yang bisa menarik pengunjung.

"Ya sekali lagi, dengan adanya pancingan pembentukan Kampung Kramat ini diharapkan bisa menjadi pemicu kreatifitas masyarakat, sehingga bisa meningkatkan taraf hidup mereka. Kalau di Kampung Kramat, ada sekitar 70 Kepala Keluarga(KK),"bebernya

Daya tarik lainnya dari Kampung Kramat selain lokasi dan nama kampung yang unik adalah, profesi dari masyarakat sekitar yang beriktan erat dengan makam. Banyak dari mereka bekerja sebagai tukang gali kubur, memandikan jenazah, juru ukir nisan maupun juru rawat makam, hingga menjadi sebuah tagline Kampung Kramat kematian yang menghidupi


Pewarta : Anggara Sudiongko
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah


Top