Social Media

Share this page on:

Kalah Bersaing, 80 koperasi di Kota Batu Gulung Tikar

04-03-2018 - 18:24
Salah satu koperasi di Desa Pandanrejo, Kecamata Bumiaji. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)
Salah satu koperasi di Desa Pandanrejo, Kecamata Bumiaji. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

MALANGTIMES – Ketahanan koperasi di Kota Batu cukup rentan. Sepanjang lima tahun terakhir, puluhan koperasi di Kota Dingin ini berguguran. Dalam catatan Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kota Bau, terdapat 80 koperasi yang tumbang alias mati. Jumlah itu sebanyak 50 persennya dari total koperasi yang sebanyak 160 terdapat 80 koperasi yang tumbang alias mati.

Jumlah itu sebanyak 50 persennya dari total koperasi yang sebanyak 160 koperasi. Dengan demikian saat ini yang tersisa sebanyak 80 koperasi. ”Untuk saat ini kami masih terus melakukan pendataan, apakah koperasi ini masih jalan atau tidak. Tetapi 50 persennya masih lancar,” ungkap Ketua Dekopinda Kota Batu Abdul Manaf, Minggu, (4/3/2018).
 

Ia menjelaskan bergugurannya koperasi dikarenakan banyak sebab. Di antaranya faktor persaingan hingga hadirnya badan usaha milik swasta yang mengancam koperasi. Koperasi yang tidak aktif ini sudah tidak melaksanakan Rapat Akhir Tahun (RAT).  Karena RAT ini merupakan indikator jika koperasi masih aktif.

”Kehadiran badan usaha milik swasta itu mengancam koperasi, karena mereka memberikan kemudahan-kemudahan dalam pengurusan administrasi bagi konsumen. Kondisi membuat koperasi mulai gugur,” beber dia.

Dia menyebutkan, kemudahan yang diberikan oleh badan usaha milik swasta itu seperti persyaratan yang lebih mudah. Oleh karena itu juga, koperasi harus bisa memberikan kemudahan seperti dalam hal simpan pinjam.

”Koperasi juga harus bisa melihat perkembangan yang ada diluar supaya tidak tergerus dengan yang lainnya, sehingga bisa bertahan. Apalai saat ini persaingannya cukup ketat,” jelas Manaf.

Menurutnya dengan adanya penguatan pendidikan, hingga jati diri anggota terkait koperasi sangat perlu diperhatikan. Ia memberikan contoh seperti anggota yang meminjam dana dari koperasi sehingga membeli barang harus di koperasi. 


Pewarta : Irsya Richa
Editor : A Yahya
Publisher : Aditya Fachril Bayu


Top