Social Media

Share this page on:

Tangkal 80 Koperasi Gulung Tikar, Ini Yang Bakal Dilakukan Pemkot Batu

05-03-2018 - 09:16
Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kota Batu Endang Triningsih. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)
Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kota Batu Endang Triningsih. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

MALANGTIMES - Pemkot Batu tak ingin 80 koperasi di wilayahnya gulung tikar. Untuk mengatasi permasalahan itu, Pemkot Batu bakal melakukan strategi-strategi agar koperasi tersebut tetap bertahan. 

“Kami berupaya koperasi-koperasi itu jangan sampai tutup. Nanti dirinci permasalahannya seperti apa, karena saya masih saja baru menjabat,” ungkap Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kota Batu Endang Triningsih.

Ia mengatakan, strategi yang akan dilakukan terlebih dahulu adalah memetakan permasalahan yang dihadapi oleh koperasi di Kota Batu. Kemudian menyiapkan strategi-strategi dari permasalahan yang dihadapi oleh koperasi di Kota Batu. Strategi yang dilakukan mulai dari penyelamatan, terkait permasalahan modal, kurangnya modal dan sebagainya.

“Jika sekarang ini terdapat koperasi dalam kondisi sakit, maka perlu diobati.  Kami petakan untuk membuat strategi penyelamatannya. Misalnya terkait masalah pengelolaannya atau karena kurangnya permodalan atau sebagainya,” kata Endang kepada BatuTIMES.

Menurut Endang, arah kebijakan pemerintah juga untuk mendorong kembali hidupnya koperasi dan bisa membawa kesejahteraan masyarakat. Oleh sebab itu, Pemkot Batu akan berupaya agar koperasi di Kota Batu terus berjaya. 

“Kalau dari koperasi yang tidak aktif, asal masih ada usaha dan dikelola dengan benar, itu bisa diselamatkan,” ucap perenpuan yang juga menjabat asisten 2 Pemkot Batu itu. 

Seperti yang diberitakan sebelumnya, sejumlah 80 koperasi di Kota Batu gulung tikar dari total 160 koperasi yang ada. Mereka kolaps karena persaingan hingga hadirnya badan udaha milik swasta. (*)


Pewarta : Irsya Richa
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah


Top