Social Media

Share this page on:

Cukup dengan Rp 20 Ribu Wisatawan Bisa Puas Makan Durian Montong di Kota Batu

22-03-2018 - 18:48
Salah satu calon pembeli yang tertarik dengan duren seberat 8 kilogram di Festival Durian Pasar Parkiran Batu, Kamis (22/3/2018). (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)
Salah satu calon pembeli yang tertarik dengan duren seberat 8 kilogram di Festival Durian Pasar Parkiran Batu, Kamis (22/3/2018). (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

Berbagai jenis buah durian hadir di tengah-tengah Pasar Parkiran Jl Sultan Agung, Kecamatan Batu.

Hanya dengan uang Rp 20 ribu warga bisa puas merasakan buah durian enak. Dengan harga itu bahkan warga dan wisatawan bisa menikmati durian dengan berat 10 kg. Buah durian yang dijual itu jenisnya montong kane, petruk, manalagi, bajul, dan sebagainya. 

"Minimal harganya dibuka Rp 20 ribu. Masyarakat dijamin puas. Kalau nggak enak kami ganti," ungkap M. Munir Ketua Paguyuban Pedagang Durian Jatim, Kamis (22/3/2018).

Festival durian yang digelar Pemuda Pancasila Kota Batu ini bakal berlangsung pada 22-25 Maret mendatang 24 jam non stop. Sejak hari pertama,  festival durian sudah mengundang ribuan wisatawan ke Kota Batu. 

Bahkan durian yang memiliki berat 8 kilogram menjadi salah satu sasaran wisatawan untuk berswafoto. 

Munir menjelaskan even yang pertama kalinya digelar di pasar parkiran itu diikuti 150 perserta dari berbagai daerah di Jawa Timur meliputi Banyuwangi, Trenggalek, Pasuruan, Probolinggo dan sebagainya.

Menurutnya Festival Durian ini digelar agar masyarakat kenal durian lokal mulai harga murah dan tetinggi. Sekaligus mempermudah para pedagang dan petani memasarkan durian yang telah mereka tanam.

"Supaya durian lokal tidak macet di petani. Pasar durian lokal juga agar bisa stabil dan tidak berhenti di desa sendiri," imbuhnya kepada BatuTIMES.

Sementara itu, Operational Manager Pasar Parkiran Heri Maskut menjelaskan festival durian ini sengaja digelar selama 96 jam non stop agar wisatawan yang berkunjung ke Kota Batu bisa menikmati durian Jawa Timur. 

"Kalau dibatasi waktunya, wisatawan akan kesulitan. Biar pengunjung dari luar kota bebas datang tanpa bergantung jam," ujar Heri.

Ia menambahkan rencananya kegiatan ini bakal menjadi agenda rutin tahunan di Pasar Parkiran Kota Batu.

Ida Fitri, salah satu wisatawan Surabaya mengatakan usai berwisata di Jatim Park 1, ia tertarik mencoba durian yang ada di Pasar Parkiran. Ia pun membeli sekaligus sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah. "Kebetulan suka sekali dengan durian dan ternyata duriannya enak-enak," ucap Ida. 


Pewarta : Irsya Richa
Editor : Heryanto
Publisher : bayu pradana
Sumber : Batu TIMES (Jatim TIMES Network)


Top