Social Media

Share this page on:

Kasus Dugaan Plagiat Wakil Rektor 1 UIN Terus Bergulir, Polisi Kembali Periksa Satu Saksi

12-04-2018 - 19:35
Buku milik Dr Zainudin dan Milik Prof Imama Suprayogo yang memiliki kesamaan (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Buku milik Dr Zainudin dan Milik Prof Imama Suprayogo yang memiliki kesamaan (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Kasus plagiat yang diduga dilakukan Wakil Rektor 1 Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang yang dilakukan Dr Zainudin terhadap buku milik Prof Imam Suprayogo, terus bergulir dalam penanganan pihak Kepolisian. 

Hari ini (12/4/2018) satu saksi kembali diperiksa pihak kepolisian yakni, Siti Farkatul Luaini, mantan Kabag kepegawaian UIN Maliki yang saat ini sudah dipindah menjadi kepala tata usaha Fakultas Humaniora UIN Maliki Malang.

Kasat Reskrim Polres Malang Kota AKP Ambuka Yudha membenarkan bahwa hari ini memang terdapat agenda pemeriksaan saksi terkait kasus plagiat UIN Maliki Malang.

"Iya ada saksi yang hari ini diperiksa untuk dimintai keterangan," jelasnya singkat melalui Whatsapp.

Namun, pihaknya belum bisa menjelaskan secara rinci terkait materi dalam pemeriksaan saksi mantan Kabag kepegawaian UIN Maliki tersebut.

Dari informasi yang didapat, pemeriksaan dimulai sekitar pukul 09.00 WIB sampai pukul 11.10 WIB. Namun sayangnya, ketika MalangTIMES menunggu di ruang pemeriksaan sekitar pukul 09.30 sampai 11.20 WIB, mantan bagian kepegawaian tersebut keluar dari ruang pemeriksaan dan meninggalkan Polres Malang Kota tanpa sepengetahuan MalangTIMES yang sedang menunggu tepat di pintu keluar ruangan.

Tak lama setelah itu, keluarlah Subaryo, LSM yang mengadukan permasalahan ini ke Polres Malang Kota.

Ia yang mengaku sempat menemani mantan kabag kepegawaian tersebut, mengungkapkan yang bersangkutan diperiksa karena saat itu menjabat Kabag Kepegawaian UIN Maliki. Ia sempat diserahi buku karya HM Zainuddin yang sudah dikoreksi oleh Prof Baharuddin.

"Saya sempat menemani sebentar di hadapan penyidik. Tadi sempat melihat buku Zainudin yang telah dikoreksi oleh Prof Bahar juga dibawa di situ. Mungkin dari pihak penyidik akan mendalami keterangan terkait cetakan itu," jelasnya

Karena tidak bertemu dengan Mantan Kabag Kepegawaian UIN Maliki Malang, akhirnya MalangTIMES sekitar pukul 14.50 WIB, menuju ke UIN Maliki Malang.

Wartawan MalangTIMES langsung menuju ruangan tata usaha dan ditemui seorang staf dari Kepala Tata Usaha.

Dia mengatakan bahwa kepala tata usaha usaha saat ini memang tidak berada di tempat.

"Bu Luluk nya sedang pergi ke rumah sakit mas, tapi saya lupa rumah sakit mana. Memang beliaunya tadi bilang ada panggilan ke Polres Malang Kota, cuma saya juga nggak tahu dipanggil terkait apa," ungkapnya.

MalangTIMES pun berusaha meminta klarifikasi melalui saluran telepon genggamnya. Namun berulangkali dihubungi, tidak kunjung mendapat jawaban.

Hingga berita ini diluncurkan sekitar pukul 17.10 WIB, mantan kabag kepegawaian juga tidak bisa dihubungi. Malah nomor teleponnya tidak aktif.


Pewarta : Anggara Sudiongko
Editor : A Yahya
Publisher : Zaldi Deo


Top