Social Media

Share this page on:

Jelang Puasa, Persiapan Fisik Penting Untuk Kesehatan

08-05-2018 - 08:39
Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang, Asih Tri Rachmi (Foto: Pipit Anggraeni/ MalangTIMES)
Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang, Asih Tri Rachmi (Foto: Pipit Anggraeni/ MalangTIMES)

MALANGTIMES - Puasa sudah di depan mata. Persiapan fisik menjadi sangat penting untuk menjaga kesehatan kita selama bulan Ramadan. Pola hidup makan sehat dan perilaku tidur harus menjadi perhatian.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang, Asih Tri Rachmi menyampaikan, selama Ramadan memang terjadi perubahan pola makan. Namun hal itu sebenarnya sama sekali tidak berpengaruh selama dilakukan dengan seimbang.

Selama ini, menurutnya opini yang meluas di masyarakat tak selalu benar. Dicontohkannya untuk pola tidur misalnya, yang selalu dikatakan jika cukup tidur adalah delapan jam. Padahal, tidur untuk memulihkan energi paling bagus adalah dari jam sembilan atau 10 malam hingga pukul dua atau tiga malam.

"Jam-jam itu cukup untuk recovery dan membuat seseorang tidak mudah terserang sakit," kata perempuan berkerudung itu pada MalangTIMES.

Tak kalah penting, pola makan yang sehat juga harus tetap dijaga selama Ramadan. Jika biasanya makan dilakukan tiga kali dalam satu hari, maka selama puasa seluruh kebutuhan tubuh bisa terpenuhi meski hanya melakukan aktivitas makan selama dua kali dalam sehari.

Kebutuhan yang seimbang antara protein, karbohidrat, dan kalsium bisa dipenuhi selama sahur dan buka puasa. Sayur dan protein menjadi kebutuhan yang sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan selama puasa. 

"Karbohidrat harus dikurangi, dan diganti protein," urai Asih.


Pewarta : Pipit Anggraeni
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah


Top