Social Media

Share this page on:

Buat Sendiri Yuk Orem-Orem Malang, Ini Videonya

18-05-2018 - 09:36
Orem-orem khas Malang. (foto: amazingmalang)
Orem-orem khas Malang. (foto: amazingmalang)

MALANGTIMES- Satu lagi kuliner khas Bhumi Arema yang mungkin bisa menjadi olahan menu buka puasa Anda: orem-orem. Masakan ini berbahan dasar irisan tempe goreng dan ayam yang dimasak bersama kuah santan kental. 

Sajian kuliner khas Malang ini biasa disajikan dengan ketupat yang diberi tauge, tempe, dan disiram kuah sayur berbahan santan. Rasa orem-orem seperti sayur lodeh tetapi ada rasa pedas dan manis karena biasanya ditambah kecap. 

Nah, coba yuk buat sendiri orem-orem di rumah. Cara membuatnya pun gampang kok. Simak melalui video dari chanel Masak TV. Chanel YouTube dengan jumlah subscribers sebanyak 197.000 lebih itu membuat video masak orem-orem.

Dipadu oleh pembawa acara Alvin Maulana, ini dia langkah-langkah mudah membuat orem-orem di rumah.

Untuk membuat orem-orem khas Malang, dibutuhkan beberapa bahan berikut ini: 250 gram tempe (dipotong lebar dan tipis berukuran 2 x 3 x 1/2 sentimeter); 300 gram tahu (dipotong lebar dan tipis berukuran 2x3x1/2 sentimeter); dua lembar daun salam; dua lembar daun jeruk; dua sentimeter lengkuas; satu liter santan; 500 mililiter air; dua sendok teh garam; 1/4 sendok teh merica bubuk; 1/2 sendok teh bunga bawang; lontong: dan tiga sendok makan bawang merah goreng.

Selain bahan, perlu beberapa bumbu halus untuk membuat orem-orem Malang ini. Yakni lima siung bawang merah, dua siung bawang putih, satu sentimeter kunyit yang dibakar, satu butir kemiri yang disangrai, dan satu sendok teh ketumbar bubuk. 

Cara membuat orem-orem Malang, pertama rebus santan, bumbu halus, daun salam, daun jeruk, dan lengkuas sampai mendidih dan harum. Kemudian, masukkan tempe dan tahu yang telah dipotong tipis. Aduk rata. Tambahkan garam, merica dan gula. Aduk rata.

Kemudian masak sampai matang. Menjelang diangkat, tambahkan bunga bawang. Aduk rata. Sajikan bersama dengan lontong yang ditaburi bawang merah goreng. 

Mudah bukan? Selamat mencoba di rumah. (*)


Pewarta : Wahida Rahmania Arifah
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Alfin Fauzan

BERITA TERKAIT


Top