Social Media

Share this page on:

Yuk Coba Buat Jajanan Arek Malang Ini di Rumah

19-05-2018 - 09:11
Sempol ayam yang menjadi jajanan populer di Malang (foto: resepkoki)
Sempol ayam yang menjadi jajanan populer di Malang (foto: resepkoki)

MALANGTIMES -  Sempol ayam pernah booming banget di Malang. Jajanan dari daging ayam ini merajai hampir di jalanan Bhumi Arema.

Dan di momentum Ramadan 1439 Hijriyah ini kami akan menghadirkan aneka resep masakan khas Malang untuk Anda coba sendiri di rumah.

Kali ini ada tutorial memasak oleh Hendra DS. Chanel YouTube dengan 72.000 lebih subscribers itu mengunggah video memasak sempol yang sudah ditonton lebih dari 694.000 viewers.

Langsung saja, siapkan bahan-bahan terlebih dahulu sebelum membuat sempol Malang sebagai berikut :

250 gram daging ayam
150 gram tepung tapioka
4 siung bawang putih
1 butir telur ayam
1/2 sendok garam
1/2 sendok merica
1/2 sendok teh gula pasir

Cara membuat sempol kita mulai dengan mencampurkan satu butir telur dengan garam dan merica. Ini dipakai sebagai bahan pencelup sempol sebelum nanti digoreng. Setelah itu siapkan tusuk sate. Nah, sekarang kita mulai membuat adonan sempol.

Haluskan empat siung bawang putih dan tiga sendok makan bawang goreng. Masukkan semua bahan dan bumbu. Tepung tapioka dimasukkan setengah. Setelah rata masukkan sisa tepung dan aduk rata.

Adonan sempol siap dibentuk. Kemudian, olesi tangan Anda dengan minyak goreng. Setelah adonan sempol dibentuk lalu tusukkan dengan tusuk sate. Rebus air hingga mendidih dan masukkan sempol selama kurang lebih lima belas menit.

Lalu aduk telur dan merica. Kemudian goreng lagi dengan minyak. Setelah berwarna kecoklatan angkat dan tiriskan lalu sajikan. Mudah bukan? Selamat mencoba di rumah. (*)


Pewarta : Wahida Rahmania Arifah
Editor : Heryanto
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah


Top