Social Media

Share this page on:

Yuk Masak Sendiri Kuliner Super-Pedas Khas Malang

21-05-2018 - 08:27
Sajian ceker setan khas Malang yang dimasak ala Pawon Genduk. (foto: YouTube Pawon Genduk)
Sajian ceker setan khas Malang yang dimasak ala Pawon Genduk. (foto: YouTube Pawon Genduk)

MALANGTIMES - Satu lagi olahan kuliner dari bumi Arema. Yang satu ini dikenal karena pedas. Sampai-sampai dijuluki masakan "setan" karena membuat lidah serasa bergoyang. Ya, itulah ceker setan.

Kuliner ceker setan memang telah lama ada di warung-warung Kota Malang. Tetapi tidak ada salahnya kita masak sendiri sajian kuliner satu ini di rumah

Dari chanel YouTube Pawon Genduk dengan 25.000 lebih subscribers, berikut panduan memasak ceker setan khas Malang. Siap-siap belanja buat menu buka puasa nih! 

Pertama tentu saja menyiapkan olahan ceker ayam. Setelah itu, bumbu-bumbu yang perlu disiapkan adalah cabai rawit merah (40 buah), cabai keriting merah (12 buah), bawang merah (12 siung). bawang putih (5 siung), kemiri (5 butir), jahe (1 ruas), serai (2 batang), daun jeruk (4 lembar), daun salam (2 lembar).
Kemudian ada kunyit (1 ruas), ketumbar bubuk (1 sendok teh), lada bubuk (1 sendok teh), garam (2 sendok makan), kaldu bubuk (3 sendok makan), gula (3 sendok makan), daun bawang (2 batang diiris tipis).

Video memasak ceker setan khas Malang sudah ditonton lebih dari 37.000 viewers. Dalam video ini, langkah-langkah memasak ceker setan ternyata mudah kok. Pertama, siapkan wajan berisi air satu setengah liter. Masak hingga mendidih. 

Sembari menunggu air mendidih, haluskan atau bisa diblender bumbu-bumbu tadi. Dalam hal ini bumbu yang diblender ialah cabai merah keriting, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, lada bubuk, ketumbar bubuk. Sementara, kunyit, kemiri, jahe, dan lengkuas bumbu diuleg.

Setelah air mendidih, masukkan bumbu yang sudah dihaluskan tadi. Tambahkan serai, daun jeruk, daun salam, garam, gula, kaldu bubuk, dan ceker ayam. Aduk hingga rata. Durasi memasak kurang lebih selama satu hingga satu setengah jam. Pastika air benar-benar surut dan ceker ayam sudah empuk.

Jika air sudah surut, masukkan daun bawang yang sudah diiris. Aduk. Angkat lalu sajikan. Mudah bukan? Selamat memasak. (*)


Pewarta : Wahida Rahmania Arifah
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah


Top