Social Media

Share this page on:

Nikmatnya Buka Puasa dengan Minuman Hangat Khas Malang

22-05-2018 - 16:28
Wedang angsle merupakan minuman hangat khas Jawa Timur yang konon berasal dari Malang (foto: YouTube Masak TV)
Wedang angsle merupakan minuman hangat khas Jawa Timur yang konon berasal dari Malang (foto: YouTube Masak TV)

MALANGTIMES -  Mau buka puasa menu apa? Mungkin saja Anda ingin minuman hangat menemani buka puasa. Diantara kuliner tradisional Jawa Timur, wedang angsle terbilang banyak ditemui di sudut-sudut Kota Malang.

Wedang angsle merupakan makanan sejenis kolak. Makanan ini terbuat dari bahan-bahan seperti petulo, ketan putih, kacang hijau, daun pandan, jahe, kacang tanah, santan dan gula.

Kuah angsle awalnya dibuat hanya menggunakan daun vanili dan santan. Jahe tidak dimasukkan. Tapi karena ada kata 'wedang' maka akhirnya ditambahkan jahe.

BACA JUGAMusim Hujan, Enaknya Ngangsle dan Ngeronde di Tempat Ini biar Hangat

Bila Anda ingin membuat sendiri menu minuman wedang angsle, ada resep yang dibagikan oleh Masak TV, sebuah Chanel YouTube masak memasak. Memiliki jumlah subscribers lebih dari 199.000, ada salah satu video masak wedang angsle khas Malang.

Untuk membuat wedang angsle, bahan yang perlu disiapkan adalah: 8 buah nangka (dipotong dadu), 100 gram kacang hijau rebus, 200 gram tape singkong (dipotong dadu), 200 gram kacang tanah goreng, empat lebar roti tawar.

Selain menyiapkan bahan di atas, untuk membuat 'wedang' diperlukan bahan-bahan berikut yakni 750 mililiter air, 100 gram jahe (dimemarkan), dua lembar daun pandan, 200 gram gula aren, dan dua sendok makan gula pasir.

Untuk saus santan, siapkan 300 mililiter santan dengan selembar daun pandan, dipotong kira-kira lima sentimeter, serta setengah sendok teh garam.

Cara membuat wedang adalah rebus air. Masukkan jahe, daun pandan, gula aren, dan gula pasir sampai mendidih lalu tambahkan gula larut. Untuk saus santan, rebus santan bersama dengan pandan, dan garam. Aduk sampai mendidih.

Setelah itu, siapkan mangkuk saji, susun bahan-bahan isi, tuang wedang jahe dan saus santan. Sajikan. (*)


Pewarta : Wahida Rahmania Arifah
Editor : Heryanto
Publisher : Alfin Fauzan


Top