Social Media

Share this page on:

Puasa Bukan Alasan Absen Berolahraga Loh

23-05-2018 - 08:21
ilustrasi
ilustrasi

MALANGTIMES - Menjaga kebugaran selama berpuasa sangat penting dilakukan. Artinya, meski puasa, berolahraga harus tetap dijalankan dan bukan menjadi alasan untuk absen melakukannya selama satu bulan penuh ya girls.

Sebab, berolahraga ternyata akan membuat tubuh memiliki stamina lebih dan siap beraktivitas dengan jadwal yang padat. Olahraga pun dinilai sama pentingnya dengan sahur dan berbuka selama puasa.

Hal iru disampaikan ahli gizi Ayu Bulan Febry K.D. AMG SKM MM yang mengatakan, selain menjaga asupan sehat dan bergizi saat sahur dan berbuka, cara tepat untuk menjaga kebugaran adalah dengan berolahraga. "Sama pentingnya dengan hari biasa. Olahraga di bulan puasa juga membantu kita meningkatkan kebugaran," ungkapnya.

Pentingnya berolahraga, menurut Febry, lantaran selama puasa, sebagian besar orang mengonsumsi makanan manis. Alhasil, makanan manis akan menyebabkan kegemukan karena kadar gula yang melonjak. 

Lebih lanjut, perempuan berhijab ini menjelaskan, waktu yang tepat untuk berolahraga selama puasa adalah satu sampai dua jam menjelang berbuka. Bisa sekalian ngabuburit ya guys daripada diam menunggu waktu beduk.

Namun, saat berpuasa, olahraga berat sangat tidak disarankan. Dianjurkan melakukan aktivitas olahraga yang sekiranya tidak menguras banyak tenaga dan mengeluarkan banyak keringat. Jadi, saat berbuka pun, tubuh tetap bugar.

"Catatan lainnya, jangan berolahraga usai sahur. Itu akan menguras tenaga dan membuat tubuh lelah saat berpuasa seharian," jelasnya lagi.

Selain itu, aktivitas yang padat di siang hari membuat tubuh cepat lemas. Karena itu, Febry menyarankan untuk memperbanyak minum air putih pada malam hari sehingga tubuh tidak kekurangan cairan selama puasa berjalan. (*)


Pewarta : Pipit Anggraeni
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Raafi Prapandha


Top