Social Media

Share this page on:

Asyiknya Habiskan Waktu Ngabuburit di Ruang Pojok Literasi Kampung Anak

26-05-2018 - 18:39
Beberapa anak sedang asyik membaca buku di ruang pojok literasi, Kampung Anak, Dusun Krajan, Desa Punten, Kecamatan Bumiaji. (Foto: Irsya Richa/ BatuTIMES)
Beberapa anak sedang asyik membaca buku di ruang pojok literasi, Kampung Anak, Dusun Krajan, Desa Punten, Kecamatan Bumiaji. (Foto: Irsya Richa/ BatuTIMES)

MALANGTIMES - Beragam fasilitas memang disiapkan di area Kampung Anak di Dusun Krajan, Desa Punten, Kecamatan Bumiaji. Tentunya agar anak- anak nyaman dan betah di kampung mereka. Terutama saat puasa Ramadan, banyak anak yang menanti berbuka alias ngabuburit dengan membaca di ruang pojok literasi. 

Ruang Pojok Literasi itu hadir di tengah-tengah Kampung Anak untuk memfasilitasi bagi mereka yang tidak memiliki buku. Ya di sana ada disediakan ratusan buku dengan beragam judul buku.

Mulai dari novel, komik, buku pengetahuan, dan sebagainya. Biasanya mereka akan datang di Ruang Pojok Literasi ini usai mengaji, lalu mereka bersama teman-teman lainnya duduk dengan tenang memilih buku dan membaca. 

Meskipun ruangnya tidak begitu luas tetapi memiliki tempat yang nyaman dan bersih. Karena memang letaknya berada di depan rumah warga yang sengaja diubah untuk ruang literasi. Rata-rata mereka yang menghabiskan waktu untuk membaca di sana mulai usia 8 tahun sampai 13 tahun.

Siswa SD Al Irsyad Ahmad Andika mengatakan kegemarannya memang membaca, sehingga saat ngabuburit lebih memanfaatkan waktu untuk membaca. Karena dari membaca waktu berbuka tidak terasa.

“Sukanya ngabuburit sama teman di sini. Karena banyak temannya sehingga waktu membaca dan berbuka memilih tempat ini,” ungkap Andika, Sabtu (26/5/2018).

Ia mengakui selama bulan Ramadan lebih banyak menghabiskan waktu sore dengan belajar atau mengerjakan tugas. Karena di rumah merasa bosan sehingga memilih ruang pojok literasi yang jaraknya cukup dekat.

“Kalau malam dihabiskan waktunya untuk salat tarawih, sehingga sorenya harus selesai belajarnya. Kalau di rumah bosan ya di sini (ruang pojok literasi) bisa belajar sama teman-teman dan bisa bikin lupa kalau sedang puasa, tahu-tahu adzan magrib,” jelas anak usia 9 tahun ini.

Sementara itu, Ketua Forum Anak Angkasa Junior Desa Punten Yanuar Reski mengatakan berusaha memberikan ruang yang nyaman bagi anak-anak yang tinggal di sana agar betah. Karena itu pihaknya berusaha memberikan fasilitas menarik agar anak memiliki semangat untuk belajar dan nyaman untuk bermain.

“Kami berusaha memberikan yang terbaik, dengan menyuguhkan apa yang dibutuhkan anak-anak di sini,” jelas Yanuar. 

Ia menjelaskan anak-anak bisa memanfaatkan tuang pojok literasi ini hingga sore hari. Bagi yang ingin meminjam diperbolehkan.

“Buku-buku ini kami dapatkan dengan bekerjasama dengan pihak Dinas Pendidikan,” jelasnya.

Yanuar berharap dengan adanya ruang pojok literasi tersebut anak-anak semangat belajar. Lalu menghabiskan waktu ngabuburit dengan hal yang bermanfaat.


Pewarta : Irsya Richa
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Alfin Fauzan


Top