Social Media

Share this page on:

Mandu, Pangsit Ala Korea yang Mudah Dibuat dengan Resep Sederhana Ini

03-06-2018 - 17:17
Mandu, Pangsit Ala Korea Selatan ini banyak digandrungi pecinta kuliner, dan pas temenin buka puasa kalian (Pipit Anggraeni/MalangTIMES)
Mandu, Pangsit Ala Korea Selatan ini banyak digandrungi pecinta kuliner, dan pas temenin buka puasa kalian (Pipit Anggraeni/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Pecinta Korea tentu tak asing dong dengan yang namanya Mandu. Pangsit ala Korea Selatan yang selalu membuat ngiler.

Olahan yang satu ini nggak hanya bisa ditemui di negeri gingseng saja loh. 

Di Indonesia, olahan yang berbahan dasar daging ini bisa ditemui diberbagai kedai dan supermarket.

Tapi buat kalian yang malas keluar dan ingin membuatnya sendiri di rumah tentu bisa, tinggal langsung praktekkan resepnya di dapur masing-masing 

Karena, bahannya mudah didapat dan cara membuatnya nggak harus ribet.

Bahan-bahan yang harus kalian siapkan adalah kulit pangsit, ayam giling, wortel, tauge, daun bawang, bawang bombay, bawang putih, saus tiram, gula, garam, dan lada putih.

"Olahan yang satu ini pas untuk temani berbuka puasa. Di dalamnya ada sayuran dan daging cincangnya. Bisa dijadikan pilihan untuk yang bosan dengan menu yang itu-itu saja," kata seorang ibu rumah tangga, Iin pada MalangTIMES, Minggu (3/6/2018).

Cara mengolah Mandu pun terbilang sangat mudah. Pertama-tama, bersihkan semua bahan, dan cincang daging ayam.

Bawamg bombay, daun bawang dan bawang putih pun harus dicincang. Langkah selanjutnya potong wortel secara dadu.

Sementara untuk tauge dipotong dan direbus sebentar dengan air yang sudah dicampur garam.

Campurkan ayam cincang dengan garam secukupnya serta lada halus dan saus tiram. Aduk hingga merata dan diamkan kurang lebih 7 menit.

Setelah itu tumis daging cincang yang dibumbui tersebut dengan tanpa menggunakan minuak.

Langkah berikutnya, masukkan wortel, tauge, bawang putih cincang, pitongan daun bawang dan bawang bombay ke dalam sebuah wadah.

Masukkan bumbu garam, gula, lada halus, dan saus tiram sesuai selera atau secukupnya. Aduk hingga rata semua bahan dan kemas dalam kulit pangsit dan bentuk sesuai keinginan.

Setelah selesai dibentuk, masak Mandu dengan cara dikukus. Agar tidak lengket, beri jarqk pada setiap Mandu dan oleskan minyak pada alat pengukus.

Tunggu selama 20 sampai 30 menit sampai kulit pangsit terlihat bening dan matang. Hidangkan saat masih hangat dengan tambahan saus tomat atau saus kesukaan. Selamat mencoba.


Pewarta : Pipit Anggraeni
Editor : Heryanto
Publisher : Raafi Prapandha


Top