Social Media

Share this page on:

Layanan Percetakan Adminduk akan Terganggu Sebulan Penuh, Ada Apa?

04-06-2018 - 12:19
Kadispendukcapil Kabupaten Malang Sri Meicharini menyampaikan satu bulan ke depan proses jaringan internet akan terganggu. (Nana/MalangTIMES)
Kadispendukcapil Kabupaten Malang Sri Meicharini menyampaikan satu bulan ke depan proses jaringan internet akan terganggu. (Nana/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Sebulan penuh pelayanan administrasi kependudukan dan catatan sipil (adminduk) dipastikan akan terganggu. Khususnya dalam pencetakan adminduk,  baik KTP-elektronik maupun lainnya. 

Terganggunya layanan adminduk tersebut,  menurut Sri Meicharini Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Malang, tidak hanya terjadi di wilayahnya saja.

"Tapi seluruh daerah di Indonesia mengalami gangguan pelayanan dalam pencetakan. Ada  waktu-waktu tertentu selama satu bulan penuh ke depan untuk hal tersebut, " kata Rini panggilan Kadispendukcapil Kabupaten Malang, Senin (4/6/2018). 

Pembatasan waktu percetakan adminduk, khususnya KTP-el mulai diberlakukan dari tanggal 28 Mei sampai dengan 8 Juni 2018, serentak di seluruh daerah.

Sejak pukul 18.00 WIB - 06.00 WIB setiap harinya akan dilakukan maintenance table space  pada MMU (Memori Manajemen Unit). 

"Jadi untuk mengatasi penuhnya memori di server yang menyebabkan hang atau lemot. Ini sudah mulai terasa lemot jaringan internet kita," ujar Rini kepada MalangTIMES. 

Adanya maintenance table space yang merupakan kegiatan rutin setiap tahun untuk mengatasi permasalahan penuhnya table space, tidak membuat seluruh pelayanan terganggu.

Misalnya dalam perekaman tetap berjalan seperti hari biasanya. Yang membedakan dengan adanya pemeliharaan di table space MMU adalah ditingkat pencetakan yang akan terkendala. 

Untuk mengantisipasi hal tersebut,  pihak Ditjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengimbau untuk pencetakan KTP-el,  misalnya, dilakukan di luar waktu pemeliharaan table space,  yaitu pukul 06.WIB - 18.00 WIB.  

Selain adanya Surat Edaran Ditjen Dukcapil Kemendagri tersebut, Rini mengatakan,  persoalan jaringan internet memang kerap membuat pihaknya kalang kabut. Terutama di waktu operasional saat jam-jam padat. 

"Untuk urusan tersebut memang menjadi kendala. Kita berharap tidak menganggu total pelayanan kepada masyarakat," ujar Rini. 


Pewarta : Nana
Editor : Heryanto
Publisher : Alfin Fauzan
Sumber : Malang TIMES


Top