Social Media

Share this page on:

Dunia Industri Kabupaten Malang Kondusif Hadapi THR

04-06-2018 - 13:59
Kabid Hubungan Industrial Disnaker Kabupaten Malang Achmad Rukmianto menyatakan hubungan industri terbilang baik dalam menyambut Lebaran. ( Nana)
Kabid Hubungan Industrial Disnaker Kabupaten Malang Achmad Rukmianto menyatakan hubungan industri terbilang baik dalam menyambut Lebaran. ( Nana)

MALANGTIMES - Dunia industrial di Kabupaten Malang terbilang kondusif dalam menghadapi berbagai gejolak dan kepentingan antara dua kubu yang  ada dalam perusahaan. 

Kondusivitas tersebut  terlihat,  misalnya,  dalam momen pembayaran tunjangan hari raya atau THR dalam setiap tahun yang berjalan di Kabupaten Malang dengan kondisi harmonis. Satu  dengan yang lain saling memberikan hak dan kewajibannya sesuai aturan yang ada. 

"Tidak ada kendala dalam persoalan tersebut. Hubungan industrial Kabupaten Malang terjaga setiap tahunnya,  pun dalam pembayaran THR," kata Achmad Rukmianto, kepala bidang (kabid)  hubungan industrial Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Malang, Senin (4/6/2018) di ruang kerjanya. 

Totok, sapaan akrab Achmad Rukmianto, melanjutkan, filosofi  THR sejak tahun 1994 di Indonesia telah berjalan baik di Kabupaten Malang. Pihak pemilik perusahaan dan pekerja saling menjaga agar tercipta hubungan harmonis dalam dunia industri. Kondisi tersebut yang membuat Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Jatim) memberikan apresiasi terhadap harmonisasi dan kerja sama dalam dunia Industrial di Kabupaten Malang. 

"Sekitar dua tahun lalu kami dapat apresiasi dari gubernur. Juga di tahun 2017. Ini membuktikan hubungan industri kita berjalan baik," ujar Totok kepada MalangTIMES. 

Disinggung mengenai pembayaran THR,  Disnaker Kabupaten Malang mencatat beberapa  perusahaan sudah membayarkannya kepada karyawan.  Totok menyampaikan sejak tanggal 31 Mei 2018 sudah ada beberapa perusahaan yang membayar THR. 

"Untuk hari ini, sudah banyak perusahaan yang membayar THR. Ini membuktikan tidak ada persoalan dalam hal tersebut. Apalagi secara aturan THR dibayarkan H-7," ujar Totok. 

Dia juga menyampaikan pihaknya tetap melakukan pemantauan di berbagai posko atau kesekertariatan yang ada. "Tetap kami lakukan pemantauan walau kondisi kondusif dalam momen THR," tegas Totok. (*)


Pewarta : Nana
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Alfin Fauzan
Sumber : Malang TIMES


Top