Social Media

Share this page on:

Fashion Ramadan 1439 H

Baju Baru buat Lebaran, Melirik Diskon atau...?

05-06-2018 - 09:00
Tidak sekadar tergiur diskon, belanja baju Lebaran perlu memperhatikan kenyamanan dan model busana yang pas untuk momen Idul Fitri. (foto: Wahida Rahmania Arifah/MalangTIMES)
Tidak sekadar tergiur diskon, belanja baju Lebaran perlu memperhatikan kenyamanan dan model busana yang pas untuk momen Idul Fitri. (foto: Wahida Rahmania Arifah/MalangTIMES)

MALANGTIMES - "Baju baru alhamdulillah... Tuk dipakai di hari raya..." Familiar dengan lagu lawas yang dibawakan penyanyi Dhea Ananda ini? Seolah menjadi satu tradisi, Hari Raya Idul Fitri disambut umat muslim Indonesia dengan busana baru. 

Pusat perbelanjaan penuh sesak. Seolah tidak mau kehilangan momen, label-label mode berlomba menawarkan diskon besar-besaran. Namun, pembaca agaknya perlu mempertimbangkan beberapa hal dalam berbelanja baju Lebaran.

Berhati-hati memilih barang diskon, fashion designer asal Malang Elma Faricha menyarankan agar belanja baju Lebaran dilakukan jauh-jauh hari. Malah sebelum memasuki bulan Ramadan. Situasi pusat perbelanjaan yang belum seramai jelang Lebaran bisa membuat Anda leluasa memilih busana.

"Cari produk sebulan sebelum Lebaran atau mulai memasuki bulan Ramadan. Soalnya, rata-rata para desainer akan menyiapkan koleksi untuk hari raya di saat itu. Jika terlalu mepet dengan Lebaran, kebanyakan barang yang tersisa brokensize. Walaupun sale, tapi belum tentu size sesuai yang kita cari," papar Elma kepada MalangTIMES.

Terpenting, lanjut Elma, baju Lebaran adalah busana yang nyaman dikenakan. Dia menekankan aspek kain yang menyerap keringat. "Pilih yang nyaman dikenakan. Bahan dapat menyerap keringat agar tidak mengganggu kegiatan kita saat hari raya," sambung alumnus Arva School of Fashion ini.

Untuk model pakaian, dia menyarankan busana muslimah seperti baju muslim bermodel tunik dan gamis. Tunik adalah pakaian dengan panjang selutut. Sementara gamis atau juga disebut dress adalah busana terusan. "Selain itu, bisa pakai palazzo atau kulot agar tetap tertutup di momen hari raya," tukas dia. (*)


Pewarta : Wahida Rahmania Arifah
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Raafi Prapandha


Top