Social Media

Share this page on:

Langkah Kirim Pesan Tanpa Mengetik di WhatsApp, Lihat Videonya

06-06-2018 - 16:51
Mengirim pesan di WhatsApp menggunakan kecanggihan teknologi OK Google. (foto: Wahida Rahmania Arifah/MalangTIMES)
Mengirim pesan di WhatsApp menggunakan kecanggihan teknologi OK Google. (foto: Wahida Rahmania Arifah/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Zaman now, siapa yang tidak punya aplikasi chat WhatsApp (WA)? Aplikasi besutan Brian Acton dan Jan Koum itu banyak disukai pengguna gadget.

Berdasarkan survei yang dikeluarkan oleh Daily Social tahun 2017, sebanyak 97,24 persen responden menggunakan WhatsApp dan 61,81 persen di antaranya mengatakan WhatsApp adalah aplikasi instant messaging yang paling sering digunakan.

Fitur-fitur WhatsApp terus mengalami perkembangan. Termasuk cara mengirimkan pesan. Ada banyak cara sederhana tanpa repot-repot menekan papan tombol. Baru-baru ini ramai beredar video mengirim pesan di WhatsApp tanpa perlu mengetik.

Dalam video tersebut, dipraktikkan cara menggunakan perintah suara milik Google. Aplikasi Google tersebut dikenal dengan Google Assistant atau Google Asisten. Kelebihan fitur ini dibanding layanan Voice Note yang disediakan WhatsApp adalah Anda tak perlu menekan tombol selama Anda berbicara.

Agar Anda dapat melakukan cara ini, harus terlebih dahulu memastikan adanya layanan Google Asisten. Nah, pastikan Anda sudah menyetel layanan Google tersebut. Caranya adalah sebagai berikut.

Pertama, aktifkan Google Asisten Anda dan pastikan siap untuk mendengarkan suara Anda dari layar mana pun. Setelah itu, aktifkan dengan mengatakan “Ok Google”. 

Lalu, buka aplikasi WhatsApp Anda. Pilih salah satu kontak. Kemudian, Anda perhatikan papan tombol. Pada bagian bawah tekan hingga tampilan Google Asisten terpampang. Cukup tekan sekali, lalu katakan pesan yang ingin Anda sampaikan kepada kontak WhatsApp. Mudah kan? Selamat mencoba. (*)


Pewarta : Wahida Rahmania Arifah
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Alfin Fauzan
Sumber : Malang TIMES


Top