Social Media

Share this page on:

Ajak Pelajar TK Ar - Rahmah Pilah Sampah Lalu Dijual, Uangnya Untuk Bayar Sekolah

07-06-2018 - 10:09
Pelajar TK Ar - Rahmah sedang melakukan pemilihan sampah di halaman sekolahnya di Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, Kamis (7/6/2018). (Foto: Diskominfo for BatuTIMES)
Pelajar TK Ar - Rahmah sedang melakukan pemilihan sampah di halaman sekolahnya di Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, Kamis (7/6/2018). (Foto: Diskominfo for BatuTIMES)

MALANGTIMES - Sejak dini para pelajar TK Ar - Rahmah Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, sudah dikenalkan dan praktek memilah sampah organik dan non organik. Bahkan sampah hasil pilahan itu juga dijual. Hasilnya sebagian uangnya digunakan untuk membayar iuran sekolah. 

Pada Kamis (7/6/2018) bersama Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko puluhan pelajar itu bahu membahu memilah sampah yang ada di sekolahnya.

Mereka memasukkan sampah secara terpisah di dalam karung. Walaupun bergelut dengan bau yang tidak enak tidak membuat para pelajar itu terhenti. Sampah-sampah itu kemudian dijadikan bank sampah. 

Hasil dari bank sampah itu diuangkan untuk membayar sekolah. Tindakan para pelajar itupun membuat kagum Dewanti Rumpoko. 

Sebab selain untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat, kegiatan ini sekaligus sebagai sarana penguatan siswa untuk belajar mandiri.

Dewanti Rumpoko menjelaskan penanaman memilah sampah sejak dini memang harus dilakukan supaya menjadi sebuah kebiasaan nantinya hingga dewasa. Dengan demikian rasa peduli akan lingkungan sekitar tertanam sejak dini.

“Saya bangganya, anak-anak harus rajin dan bisa selalu hidup sehat. Selalu menjaga kebersihan dengan demikian akan tertanam hingga dewasa nanti rasa peduli,” ungkap Dewanti. 

Pengetahuan pemilahan sampah sejak dini perlu dilakukan. Melihat saat ini sampah masih menjadi momok yang tidak mudah untuk dituntaskan. 

“Perlu sekali pengetahuan seperti ini dilakukan sejak dini. Melihat Kota Batu ini sampah masih jadi momok, orang dewasa pun untuk melakukan hal pilah sampah masih susah,” imbuhnya. 


Pewarta : Irsya Richa
Editor : A Yahya
Publisher : Alfin Fauzan


Top