Social Media

Share this page on:

Lebih Dekat dengan Alexa

Alexa, Sediakan Data Lalu Lintas Pengunjung Puluhan Juta Situs Seluruh Dunia

07-06-2018 - 12:51
Alexa menampilkan traffic website MalangTIMES (foto: Wahida Rahmania Arifah/MalangTIMES)
Alexa menampilkan traffic website MalangTIMES (foto: Wahida Rahmania Arifah/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Alexa. Mendengar nama ini barangkali masih asing di telinga pembaca MalangTIMES. Alexa bukanlah nama seorang wanita. Bukan. Ia adalah situs anak perusahaan Amazon.com, perusahaan daring yang berkantor di Washington, Amerika Serikat.

Ia menyediakan informasi tentang peringkat suatu situs. Selain itu, ia menyediakan data terkait traffic website atau lalu lintas pengunjung terutama bagi situs bisnis online.

Toolbar (ikon atau tombol) yang diciptakan oleh Alexa mengumpulkan data berupa kebiasaan pengguna di internet dan mengirimkannya ke pusat data Alexa yang berbasis di California, Amerika Serikat.

Di sana data-data dianalisa sebagai dasar laporan website traffic. Tercatat tahun 2014, Alexa menyediakan data traffic ranking situs web secara global maupun dalam satu negara tertentu pada lebih dari 30 juta situs web yang terdaftar oleh Alexa.

Dan berikut penjelasan secara singkat tentang Alexa yang diunggah oleh YouTuber Nathan Baily dalam video berdurasi 8 menit 23 detik yakni sebagai berikut.

Mulanya, Alexa adalah sebuah perusahaan independen yang berdiri pada tahun 1996. Pada tahun 1999, diakusisi oleh Amazon. Nilai akuisisi Alexa cukup besar yakni senilai 250 juta Dollar yang dibayarkan dalam bentuk saham oleh Amazon.

Dalam tulisan selanjutnya, akan dibahas lebih jauh tentang Alexa dan situs-situs website yang menjadi mitra dan bagaimana rank situs- situs tersebut. (*)


Pewarta : Wahida Rahmania Arifah
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Alfin Fauzan


Top