Social Media

Share this page on:

Fokus Pada Pemetaan Zona Merah, PDAM Kota Batu Target Capai Serbu Pelanggan Tahun ini

07-06-2018 - 15:58
Saluran pipa PDAM Kota Batu di Jl Brantas, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)
Saluran pipa PDAM Kota Batu di Jl Brantas, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

MALANGTIMES - Tahun 2018 ini Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Batu kejar target mencapai seribu pelanggan. Sasaran untuk memenuhi target itu dengan fokus pada pemetaan zona merah khususnya di daerah Desa Pendem, Kecamatan Junrejo

“Untuk mencapai target menyasar pada sisi pemetaan zona merah, di tempat belum ada jaringan PDAM,” ungkap Edi Junaedi, Direktur PDAM Kota Batu, (7/6/2018).

Pemetaan zona merah itu merupakan daerah yang belum bisa dialiri oleh PDAM Kota Batu. Seperti di Desa Pendem, Kelurahan Dadaprejo, dan Kelurahan Temas. 

“Seperti di daerah Kecamatan Bumiaji banyak tetapi tidak bisa masuk karena di sana banyak Himpunan Penduduk Pemakai Air Minum (Hippam). Sehingga kita fokus pada titik-titik ini,” imbuhnya saat ditemui di kantor PDAM Kota Batu.

Di beberapa titik tersebut sudah dilakukan penanaman jaringan pemasangan pipa. Agar  berimbas dengan bertambahnya pelanggan.

Tercatat setelah dilakukan pemasangan pipa hingga saat ini sudah ada 57 pelanggan baru. Karena itu pihaknya saat ini fokus pada daerah Desa Pendem untuk menambahkan pelanggan. 

“Setelah kita pasang pipa, sudah banyak orang menjadi pelanggan kita. Sebelumnya pelanggan lama masih masuk pada PDAM Malang, rencananya akan kami minta dialihkan ke kami,” ujar pria yang akrab disapa Sokek ini.

Menurutnya nanti PDAM Kota Batu bakal mengirimkan surat resmi kepada PDAM Malang untuk mengalihkan pelanggan kepada PDAM Kota Batu. Sebab selama ini pelanggan di Desa Pendem ikut dengan PDAM Kota Malang.

“Dengan menarik pelanggan ke Kota Batu juga meringankan beban dari segi harganya. Sebab di Kota Batu Rp 800 per meter kubik, sedangkan di Kota Malang Rp 4 ribu-5 ribu per meter kubik untuk rumah tangga 1 atau berpenghasilan rendah,” tambahnya.

Dengan cara ini juga untuk menambah pelanggan. Selain itu juga meningkatkan pelayanan. Sokek mencontohkan saat di Desa Pendem selama dua hari tidak dapat mengaliri karena bermasalah, PDAM Kota Batu membantu PDAM Malang dengan memberikan suplay tangki dan tandon.

“Karena dari segi wilayah ada di PDAM Kota Batu sehingga kami memberikan bantuan tetapi juga minta izin. Sebab di sana menjadi wilayah PDAM Kota Malang,” kata Sokek.

Diketahui sejak Januari sampai Juni ini sudah ada 13.162 pelanggan PDAM Kota Batu. Rinciannya pada bulan Januari ada 12.883 pelanggan, bulan Februari 12.971 pelanggan, bulan Maret 13.005 pelanggan, bulan April 13.058 pelanggan, bulan Mei 13.107 pelanggan, bulan Juni 13.162 pelanggan.

Selain itu pada tahun 2017 PDAM Kota Batu mencapai target pelanggan. Dari 600 target pelanggan mampu melebihi dari target 900 pelanggan. 


Pewarta : Irsya Richa
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah


Top