Social Media

Share this page on:

Sekda Kota Malang Berangkatkan 901 Peserta Mudik Gratis 2018

08-06-2018 - 08:37
Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Malang Wasto bersama Forkopimda Kota Malang saat meninjau pemberangkatan peserta mudik gratis di Balai Kota Malang. (Foto: Humas Pemkot Malang for MalangTIMES)
Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Malang Wasto bersama Forkopimda Kota Malang saat meninjau pemberangkatan peserta mudik gratis di Balai Kota Malang. (Foto: Humas Pemkot Malang for MalangTIMES)

MALANGTIMES - Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Malang Wasto bersama Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang Kusnadi hari ini memberangkatkan 901 peserta mudik gratis tahun 2018.  Mudik gratis ini diberangkatkan dari depan halaman Balai Kota Malang, hari ini (8/6/2018). 

Pemerintah Kota Malang melalui dishub memberikan kemudahan pelayanan bagi masyarakat di bidang angkutan jalan, dengan menyediakan angkutan bus mudik gratis. Sebanyak 19 armada bus dengan jumlah total 949 seat telah disiapkan oleh dishub.

Kepala Dishub Kota Malang Kusnadi mengatakan dari 19 bus itu, Pemkot Malang menyediakan 9 bus dan sebanyak 10 bus merupakan bantuan dari Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur. "Ada 9 jurusan kota di Provinsi Jawa Timur yang menjadi tujuan mudik kali ini," kata Kusnadi.

Untuk tahun ini, peserta mudik gratis mengalami kenaikan dibandingkan 2017 lalu. "Kalau tahun lalu dari kuota hanya terisi 82 persen. Tahun ini bisa sampai 94 persen dari total kapasitas seat yang tersedia," urainya. Tahun ini, ada sembilan jurusan mudik gratis di wilayah Provinsi Jawa Timur. Yakni Malang-Sumenep sebanyak 4 unit bus, Malang-Pamekasan sejumlah 2 unit bus, Malang-Bojonegoro ada 4 unit bus. Lalu ada pula tujuan Ngawi sejumlah 2 unit bus dan Ponorogo ada 1 unit bus.

Dalam sambutannya, Wasto mengungkapkan dukungan terhadap penyelenggaraan program mudik gratis. "Kiranya program tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat. Guna memfasilitasi penyediaan moda transportasi mudik gratis secara aman dan nyaman bagi para pemudik dan mengurangi angka kecelakaan. Serta secara ekonomis mampu menghemat biaya yang harus dialokasikan para pemudik selama lebaran tahun ini," ujar Wasto. 

Di sisi lain, kegiatan ini juga untuk menyukseskan program pemerintah dalam mendorong masyarakat mengoptimalkan sistem angkutan massal. Sekaligus merupakan pengendalian penggunaan kendaraan pada periode angkutan mudik lebaran tahun 2018 demi menjamin kelancaran arus lalu lintas. Selain itu, kegiatan ini juga akan menambah kebersamaan dan silaturrahmi antar sesama pemudik.

Wasto berharap, kegiatan angkutan mudik gratis ini dapat dilanjutkan di tahun mendatang. Tentu semua itu dapat terwujud berkat kerja sama dan koordinasi yang mantap di antara seluruh komponen masyarakat Kota Malang.

"Melalui peserta mudik gratis sekalian, saya menitipkan salam dari Pemerintah Kota Malang untuk sanak keluarga di kota tujuan anda masing-masing. Manfaatkanlah momen libur lebaran ini dengan sebaik-baiknya, dan jangan lupa jagalah kesehatan selama dan setelah berlebaran nanti, agar sekembali dari kampung halaman, Anda semua akan kembali beraktivitas dengan baik di kota kita tercinta ini," tutup Wasto.


Pewarta : Nurlayla Ratri
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Alfin Fauzan


Top