Social Media

Share this page on:

Dinas Perdagangan Temukan Kejanggalan Kenaikan Harga Daging Ayam di Pasar Blimbing

16-06-2018 - 12:00
Ilustrasi penjual daging ayam (Istimewa)
Ilustrasi penjual daging ayam (Istimewa)

MALANGTIMES - Mendekati lebaran, Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Malang terus memantau stabilitas harga di seluruh Pasar Rakyat Kota Malang. Dari berbagai komoditi yang dipantau, pihak Disdag menemukan kenaikan pada komoditi daging ayam.

Seperti pantauan Disdag Kota Malang di Pasar Rakyat Blimbing. Di sana petugas menemukan kenaikan harga yang dinilai ada ketidakwajaran. Pasalnya saat ini untuk stok daging ayam di beberapa pasar lainnya tidak mengalami kendala atau tidak terindikasi adanya kelangkaan.

Kepala Disdag Kota Malang, Wahyu Setianto mengungkapkan, pihaknya mengetahui kejanggalan tersebut saat melakukan sidak. Jika biasanya harga normal daging ayam berkisar Rp 34 ribu untuk di Pasar Blimbing daging ayam seharga Rp 36 ribu.

"Nah setelah kita tanya ke pedagang-pedagang, mereka bilang, stoknya sedikit pak," jelasnya.

Lanjut Wahyu, mendengar itu, ia pun terus melakukan penelusuran lebih lanjut. Ketika pedagang ditanyai terkait penyebab kenaikan harga tersebut, mereka mengaku semua bermuara pada pengepul.

"Nah dari pengepul itu ternyata stoknya ditahan. Makanya pedagang terpaksa menaikan," ungkap Wahyu yang juga mantan Kadishub Kota Malang.

Menindaklanjuti hal itu, selanjutnya Wahyu bakal menyampaikan hasil sidak yang didapat tersebut kepada satgas pangan agar segera ditangani. "Nanti yang akan bertindak satgas pangan. Sementara ini hanya di Pasar Blimbing. Untuk pasar lainnya harga masih normal-normal saja," bebernya.


Pewarta : Anggara Sudiongko
Editor : Heryanto
Publisher : Raafi Prapandha


Top