Social Media

Share this page on:

Mudik, Ini Tips yang Harus Selalu Diterapkan

14-06-2018 - 15:19
Ilustrasi mudik (wartabromo)
Ilustrasi mudik (wartabromo)

MALANGTIMES - Untuk terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan ataupun kebakaran saat mudik, masyarakat tentunya harus berhati-hati dan perlu mengetahui apa saja yang perlu disiapkan dan dilakukan sebelum mudik Lebaran. 

Meskipun mudik sudah menjadi rutinitas warga setiap tahun, masih banyak juga masyarakat yang terkadang lalai dalam persiapan sebelum mudik hingga akhirnya menyebabkan sesuatu hal yang tidak diinginkan terjadi.

Kasubag Humas Polres Malang Kota Ipda Ni Made Seruni Marhaeni mengungkapkan, sebelum mudik, banyak hal penting yang memang harus dilakukan untuk menjaga keamanan diri sendiri maupun sekitar. Misalnya, sebelum mudik, masyarakat harus mematikan aliran listrik, mematikan lampu yang tidak terpakai, mengunci seluruh pintu, mematikan kompor serta melepas selang tabung gas dan melapor kepada RT serta menitipkan kepada tetangga yang tidak mudik.

"Nah hal inilah yang harus diperhatikan. Meskipun sudah jadi agenda tiap Lebaran, masih saja banyak yang lupa akan hal-hal tersebut," ucap dia.

Selain persiapan untuk pengaman rumah, ketika mudik, lagi-lagi hal penting yang harus dicermati adalah kondisi kendaraan. Sebelum mudik, akan lebih baik jika masyarakat menyervis kendaraan mereka ke bengkel untuk memastikan kondisi kendaraan siap untuk digunakan mudik.

"Cek ban depan belakang, apakah kempes atau tidak. Cek oli, semua lampu kendaraan dan juga surat-surat seperti SIM, STNK. Bawa barang secukupnya dan tidak memakai perhiasan yang bisa mengundang pelaku kejahatan di jalan," ungkap Made.

Dengan melakukan hal-hal penting tersebut, tentu semuanya akan kembali ke masyarakat sendiri. Mereka bisa tenang dalam menikmati mudiknya tanpa adanya ganguan atau musibah dengan antisipasi tersebut. "Makanya masyarakat harus lebih teliti dan jangan sampai mengabaikan hal-hal kecil terkait keamanan," pungkasnya. (*)


Pewarta : Anggara Sudiongko
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah


Top