Social Media

Share this page on:

Tanpa Aplikasi, Inilah Trik Buat Foto Instagramable. Cek Video Tutorialnya

21-06-2018 - 20:34
Trik mengedit foto hanya dengan memaksimalkan filter bawaan dari Instagram (foto: YouTube Astri Syanti)
Trik mengedit foto hanya dengan memaksimalkan filter bawaan dari Instagram (foto: YouTube Astri Syanti)

MALANGTIMES - Instagramable. Anak muda sih pasti paham maksud istilah tadi. Instagramable sesungguhnya merupakan sebuah kata mewakili foto-foto keren yang beredar di Instagram. Generasi milenial berburu spot foto termasuk melakukan proses editing dengan aplikasi.

Anak zaman now pastinya tak asing dengan aplikasi macam VSCO, Snapseed, Lightroom CC hingga PicsArt. Deretan aplikasi tersebut menawarkan beragam tools menarik untuk hasilkan foto kece. Tetapi, tanpa aplikasi sekalipun kamu bisa kok tetap punya foto Instagramable. Masa iya?

YouTuber Astri Syanti membocorkan trik ia membuat tema putih dan coklat (brown theme) hanya berbekal filter bawaan dari Instagram. Dalam video berdurasi 4 menit 52 detik itu, Astri mengatakan ia menggunakan fasilitas Instastory.

Untuk menghasilkan filter putih, Astri mengunggah foto di Instastory. Ia mengatakan foto tersebut ia buat menggunakan kamera iPhone 5s. Setelah foto dibuka di Instastory, ia lantas memilih filter dengan cara menekan ke kanan hingga sampai pada filter yang diinginkan.

Usai filter didapatkan, simpan Instastory tadi dengan cara menekan dua kali pada layar ponsel. Astri lalu mengunggah foto hasil editing di Instastory tadi. Proses editing foto kembali dilakukan. Dan kali ini ia menggunakan filter yang ada pada Instagram.

Kunci dari latar foto tema putih, kata Astri, adalah kemampuan menentukan brightness (kecerahan), highlight, dan shadows yang tepat. Istilah highlight ialah intensitas cahaya yang diberikan kepada objek fotografi dimana membentuk bagian terang.

Sementara shadow adalah bagian dimana objek paling sedikit mendapatkan pencahayaan, sehingga yang dihasilkan adalah bidang gelap (bayangan).

Jadi, sudah coba pakai filter bawaan Instagram atau masih butuh aplikasi tambahan? (*)

 


Pewarta : Wahida Rahmania Arifah
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah


Top