Social Media

Share this page on:

Ramai Diprotes, Apa Sih Aplikasi Tik Tok Itu?

23-06-2018 - 17:55
Aplikasi Tik Tok yang menggabungkan video dan musik berasal dari Cina (foto: Playstore)
Aplikasi Tik Tok yang menggabungkan video dan musik berasal dari Cina (foto: Playstore)

MALANGTIMES - Aplikasi Tik Tok banyak diprotes warganet. Dituding buat anak muda 'bodoh' dan bersikap memalukan hingga menistakan agama, Tik Tok banyak dapat hujatan. Pembaca barangkali sering melihat tulisan MalangTIMES tentang hal-hal aneh yang dilakukan anak muda di Tik Tok.

Aplikasi Tik Tok tidak saja dikecam di Indonesia. Di Hongkong, aplikasi ini dinilai tidak aman bagi pengguna.

"Saya pikir aplikasi ini sangat buruk dalam melindungi privasi dan keamanan pengguna anak dibandingkan dengan platform utama lain,” kata Konsul Federasi Teknologi Informasi Hong Kong Eric Fan Kin-man setelah menguji aplikasi tersebut kepada SCMP (South China Morning Post, Mei lalu sebagaimana dikutip dari Tempo.

Lepas dari kontroversi Tik Tok, apa sih sebenarnya aplikasi itu?

Berasal dari Cina, aplikasi Tik Tok menggunakan kecerdasan buatan dipadu teknologi penangkapan gambar. Di sini, pengguna dapat berkreasi dengan video dipadu musik. Ada beragam special effect diantaranya efek shaking dan shivering. Jadi, jangan kaget kalau Tik Tok mampu mengubah warna rambut.

Musik yang menjadi latar atau backsound Tik Tok terbilang lengkap diantaranya DJ, Dance, dan R&B. Lantas bagaimana cara menggunakan aplikasi ini? Pembaca, Tik Tok terbilang simpel dipakai.

Sebelum memulai menggunakan Tik Tok, Anda diminta melakukan proses login. Bisa menggunakan media sosial Instagram, Facebook maupun fasilitas Google Akun. Pilih ikon '+' di bagian bawah. Usai menemukan lagu yang cocok, pilih menu 'Confirm to Use and Begin Shooting'.

Setelah itu, Anda dapat mulai merekam. Ada berbagai filter yang disediakan. Untuk merekam, tekan 'Hold' dan lepas jika ingin berhenti. Video yang selesai dibuat perlu diberi nama sebelum dishare di media sosial. (*)


Pewarta : Wahida Rahmania Arifah
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : sandi permana soebagio


Top