Social Media

Share this page on:

Para Maba Lagi Bingung Cari Kosan? Ini Dia Tipsnya Dari MalangTIMES

29-06-2018 - 19:49
Ilustrasi rumah kos (desaingambar.com)
Ilustrasi rumah kos (desaingambar.com)

MALANGTIMES - Sebentar lagi masa penerimaan mahasiswa baru berlangsung. Kota Malang sebagai salah satu kota pendidikan dengan 57 perguruan tinggi yang tersebar di seluruh penjuru kota pasti jadi sasaran.

Yang pertama harus disiapkan oleh mahasiswa baru selain kelengkapan kuliah adalah tempat tinggal sementara selama pendidikan. Atau yang lebih dikenal dengan rumah kos. Nah, buat Maba-maba yang belum pernah ke Malang dan lagi bingung cari rumah kos, MalangTIMES punya tips untuk mencari rumah kos yang sesuai. Berikut tips cari rumah kos versi MalangTimes. 

1. Pastikan di kampus mana kamu diterima. Sebab, letak kampusmu akan menentukan di mana kamu akan mencari rumah kos. Jika diterima di Univeristas Brawijaya, kami sarankan untuk mencari kos di sekitar kawasan Ketawanggede, Soekarno Hatta, dan sekitar Sumbersari.

2. Cari Kos yang dekat dengan kampus. Biasanya kalau masih Maba orang tua jarang kasih izin untuk bawa kendaraan ya gaes. Itu sebabnya, kami sarankan untuk mencari kos yang dekat dengan kampus untuk memudahkan akses.

3. Pastikan berapa budgetmu. Nah, harga kos di Kota Malang sangat bervariasi. Mulai dari Rp 350 ribu hingga Rp 2 juta tiap bulannya. Harga tergantung kondisi dan fasilitas kos serta jarak dengan pusat pendidikan. Semakin dekat dengan pusat pendidikan biasanya punya harga yang relatif mahal.

4. Pastikan fasilitas kos sesuai dengan harganya. Ini yang perlu dicermati. Jangan sampai kalian mendapat harga kos yang mahal tapi minim fasilitas. Misalnya saja, kalian dapat kos dengan harga Rp 500 ribu. Biasanya kamar kos dengan harga ini akan mendapat kamar ukuran 2,5 x 3 meter kasur dan lemari serta meja belajar. Jika beruntung akan ada fasilitas TV bersama bahkan jaringan internet.

5. Untuk keamanan dan kenyamanan pilih kos yang sesuai dengan kegiatanmu. Nah, karena kamar kos di Malang punya beragam peraturan, khususnya tentang jam malam, kami sarankan kalian untuk mneyesuaikan kebutuhan. Jadi, jika merasa sering pulang malam karena tugas kami sarankan memilih kos yang tidak ada jam malamnya. Sebab, rata-rata rumah kos yang memberlakukan jam malam membatasi hanya sampai pukul 22.00 saja untuk keluar masuk kosan. Untuk kos yang tidak ada jam malam jangan khawatir, sebab keamanan setempat biasanya akan standby hingga pagi. 

6. Pastikan kos kalian dikelilingi penjual makanan. Ya, sebab dengan begitu kalian tidak perlu jauh-jauh beli makan ya gaes. Cukup menyeberang atau bahkan di samping kanan dan kiri rumah kos ada yang jual makanan.

7. Manfaatkan senior atau saudara untuk mencari kos. Nah, dengan ini akan membuat kalian jadi lebih mudah mencari kos ya gaes. Sebab, mereka lebih dulu tinggal di Kota Malang sehingga sedikit banyak pasti tahu di mana ada kamar kos kosong. 

Nah, itulah tadi tips dari MalangTIMES untuk kalian yang lagi bingung cari rumah kos di Kota Malang. Nantikan tips lain untuk mencari kos bagi kalian para Maba ya. 


Pewarta : Hezza Sukmasita
Editor : A Yahya
Publisher : Raafi Prapandha


Top