Social Media

Share this page on:

Bangga Jadi Warga Kehormatan Aremania, Halal Bihalal Bareng TNI-Polri Targetkan Ribuan Penonton

30-06-2018 - 18:55
Komandan Korem 0833/Baladhika Jaya Kolonel Inf Bagus Suryadi Tayo didampingi Komandan Kodim Letkol Inf Nurul Yakin memberikan bingkisan bagi salah satu peserta khitan massal di Lapangan Rampal. (Foto: Nurlayla Ratri/MalangTIMES)
Komandan Korem 0833/Baladhika Jaya Kolonel Inf Bagus Suryadi Tayo didampingi Komandan Kodim Letkol Inf Nurul Yakin memberikan bingkisan bagi salah satu peserta khitan massal di Lapangan Rampal. (Foto: Nurlayla Ratri/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Sejumlah pejabat di lingkungan TNI mendapatkan gelar sebagai warga kehormatan Aremania. Gelar tersebut disematkan di sela kegiatan "Halal Bihalal & Panggung Prajurit TNI-Polri bersama Aremania, Tokoh Masyarakat dan Lintas Komunitas se-Malang Raya" di Lapangan Rampal, hari ini (30/6/2018).

Komandan Komando Resor Militer 0833/Baladika Jaya Kolonel Inf Bagus Suryadi Tayo mengungkapkan bahwa penyematan sebagai warga kehormatan tersebut merupakan sebuah kebanggaan tersendiri. "Menjadi warga kehormatan Arema tentu menjadi kebahagiaan juga, penghargaan untuk saya. Karena saya kan baru berdinas kurang lebih tiga bulan," ujarnya.

Dia mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas penerimaan warga Malang dan setiap dukungan yang diberikan pada aparat penegak hukum yang bertugas. "Seperti yang sudah-sudah, setiap yang bertugas di Malang ini harus menjadi bagian dari komunitas Aremania ini. Sebetulnya Arema ini kan mewakili masyarakat Malang, jadi diterima oleh Arema berarti diterima oleh masyarakat," tambahnya. 

Dia juga mengapresiasi gelaran pertama halal bihalal antara jajaran TNI-Polri dengan lintas komunitas dan Aremania yang kali pertama di gelar di Bhumi Arema itu. "Agenda halal bihalal ini, baru kali ini. Kami berharap TNI yang ada di Malang Raya, baik komando kewilayahan di bawah Kodam V Brawijaya atau di berada di bawah Kostrad, di sini juga ada Lanud dan Lanal Malang itu bisa bersinergi dengan rakyat dan melaksanakan tugasnya masing-masing," tegasnya. 

Selain panggung musik dan seni, halal bihalal juga disertai berbagai kegiatan bakti sosial. Mulai dari donor darah, khitan massal, juga pengobatan gratis yang disupport berbagai komunitas dan instansi kesehatan. Antusias masyarakat juga tampak, misalnya target 200 kantong darah yang telah terlampaui meski acara belum selesai digelar.

"Karena yang kami datangkan pendonor bukan hanya masyarakat tapi juga instansi-instansi militer. Kalau dari instansi sudah ada 100 orang, sisanya dari masyarakat dan sepertinya sudah melebihi target," tuturnya.

Mengusung tema ‘Merajut Tali Silaturahmi Menuju Malang Damai dan Kondusif’, kegiatan yang diinisiasi Kodim 0833 Kota Malang ini melibatkan jajaran TNI dari  Korem 083/BDJ dan berbagai satuan di wilayah Malang Raya. Sesuai tajuknya, berbagai komunitas di Malang Raya, mulai dari Aremania-Aremanita, Relawan Malang (Es Teh Anget), Malang Care, komunitas Musisi Malang Bersatu (MMB), Malang Vespa (Malves), insan tinju Malang, d’Kross Community serta elemen ormas dan kepemudaan di Malang juga ambil bagian.

Dandim 0833 Kota Malang, Letkol Inf Nurul Yakin menambahkan, pihak penyelenggara menargetkan penonton hingga ribuan orang. "Kalau penonton sebenarnya tidak ada target. Dari TNI-Polri ada perwakilan sekitar 500 orang. Kalau masyarakat mau datang, bisa seribu atau 10 ribu orang. Tidak ada masalah berapapun yang hadir," tuturnya.

Dia menambahkan, jajaran TNI-Polri yang hadir sudah diimbau untuk mengenakan seragam. Selain agar terlihat adanya kebersamaan dengan masyarakat, diharapkan hal tersebut meminimalkan kemungkinan tindak kejahatan seperti pencopetan. 

Untuk pengamanan dan pengaturan lalu lintas, lanjutnya, sudah ada koordinasi dan dukungan dari kepolisian yang juga sebagai bagian acara. Juga dari dinas perhubungan, satpol PP, dan juga organisasi masyarakat. "Semua dikerahkan, tapi karena acara di dalam Lapangan Rampal maka belum ada rencana rekayasa lalu lintas. Harapan kami tidak ada kemacetan, mungkin agak padat sedikit," ujarnya. 

Acara bakal makin meriah dengan adanya hiburan konser musik menghadirkan d’Kross Band, band prajurit TNI (band Kostrad, band Marabunta, band Lanud), band Polres Makota, musisi Malang All Star yang tergabung dalam komunitas musisi MMB, MDC, VOM dan lain-lain. Makin semarak dengan hadirnya gamelan sholawat  Ki Ageng Wali, Kakang Kawah All Star dan tari Sufi yang mengiringi salawat hingga atraksi koreo Aremania yang dijamin atraktif. Juga ditambah tausiyah halal bihalal oleh Gus Wahid Arema.


Pewarta : Nurlayla Ratri
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah


Top