Social Media

Share this page on:

Erupsi Gunung Agung, Penerbangan Rute Malang Masih Normal

03-07-2018 - 19:17
Ilustrasi suasana Bandara Abdurrachman Saleh Malang di gerbang keberangkatan penumpang. (Foto: Nurlayla Ratri/MalangTIMES)
Ilustrasi suasana Bandara Abdurrachman Saleh Malang di gerbang keberangkatan penumpang. (Foto: Nurlayla Ratri/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Erupsi Gunung Agung di Bali Selasa (2/7/2018) malam masih belum berdampak pada jalur penerbangan dari dan ke Malang. Hari ini (3/7/2018) jadwal keberangkatan pesawat melalui Bandara Abdurrachman (Abd) Saleh masih normal.

Kepala UPTD Abd Saleh Malang Suharno mengungkapkan bahwa letusan tersebut tidak berdampak langsung. "Kalau Bandara Abd Saleh aman. Juga belum ada rekomendasi pembatalan penerbangan ke Bali," ujarnya.

Selama ini, bandara yang berlokasi di Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, itu melayani satu penerbangan ke Bali dalam sehari melalui maskapai Wings Air. Operational Manager Lions Grup Malang Panca Susila yang juga membawahi maskapai Wings Air menyebutkan bahwa kejadian erupsi belum berdampak pada jadwal penerbangan. "Kejadian Gunung Agung yang tadi malam sampai saat ini belum ada pengaruh. Dari otoritas bandara belum mengeluarkan a notice to airmen (notam)," ujar Panca melalui sambungan telepon. "Masih lancar-lancar saja. Apalagi di Bandara Ngurah Rai juga tidak ditutup," imbuhnya.

Menurut Panca, keberangkatan hari ini juga masih mengikuti jadwal harian yang ditetapkan. "Tidak ada penundaan penerbangan, tetap pada jadwal pukul 14.30 WIB. Kan kejadian ini tidak seperti 27 Juni lalu," sebutnya.

Menurut informasi yang dia terima, Panca menyebut penerbangan-penerbangan yang ke Depasar juga masih normal. Hanya saja, arah angin menyebabkan beberapa bandara mesti waspada. Salah satunya yakni Bandara Notohadinegoro Jember dan Bandara Banyuwangi. "Tadi arah angin bergerak ke Barat, infonya Jember ditutup," ujarnya. 

Untuk saat ini, lanjut Panca, antusias masyarakat Malang ke Bali juga masih tinggi. "Karena masih musim liburan, jadi masih bagus. Nggak ada wisatawan yang cancel. Okupansi harian rata-rata Malang-Bali masih sekitar 90 persen," pungkasnya. (*)


Pewarta : Nurlayla Ratri
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah


Top