Social Media

Share this page on:

Masuki Masa Pendaftaran, Polres Batu Mulai Diserbu Ratusan Bacaleg

07-07-2018 - 20:55
Seorang warga saat mengurus SKCK di Polres Batu. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)
Seorang warga saat mengurus SKCK di Polres Batu. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

MALANG TIMES -Masa pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg) 2019 sudah dibuka sejak empat hari yang lalu yakni 4-17 Juli 2018. Polres Batu pun mengalami peningkatan dalam permohonan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).

“Sudah sejak awal dibukanya pendaftara Bacaleg 2019 ini, mulai banyak yang mengurus SKCK,” ungkap Kasubbag Humas Polres Batu, AKP Supriyanto.

Ia menjelaskan selama empat hari masyarakat yang mengurus SKCK kurang lebih mencapai 120 orang. Angka tersebut mengalami peningkatan dari hari-hari biasanya. “Diperkirakan akan terus melonjak hingga nanti masa akhir pendaftaran,” kata Supriyanto.

Data ke 120 orang yang masuk dalam database adalah Bacaleg DPRD Kota Batu, DPRD Provinsi, DPD RI, hingga DPR RI.  

“Untuk  keperluan mendaftarkan diri sebagai Bacaleg DPR RI diterbitkan oleh Mabes Polri. Demikian juga DPRD Jatim oleh Polda Jatim sesuai dengan jenjang pendaftaran,” imbuhnya.

Bagi Bacaleg yang masih memiliki SKCK namun habis masa berlakunya hanya perlu menyerahkan fotokopi KTP, kartu keluarga, dan akta kelahiran. Sedangkan untuk pengurusan SKCK baru harus menyerahkan surat pengantar dari kelurahan yang sudah direkomendasi RT dan RW setempat. 

“Pemohon SKCK juga diminta menyertakan foto kopi KTP, kartu keluarga, akta kelahiran, dan pas foto ukuran dan jumlah tertentu. Biaya yang dikenakan untuk pengurusan ini sebesar Rp 30 ribu,” ujar Supriyanto.


Pewarta : Irsya Richa
Editor : Heryanto
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah


Top