Social Media

Share this page on:

Wali Kota Batu Sidak PKL Alun-Alun Kota Batu, PKL Sampaikan Ini

10-07-2018 - 19:52
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko (kiri) saat bertanya kepada salah satu PKL yang bedaknya memakan badan jalan di Alun-Alun Kota Batu, Selasa (10/7/2018). (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko (kiri) saat bertanya kepada salah satu PKL yang bedaknya memakan badan jalan di Alun-Alun Kota Batu, Selasa (10/7/2018). (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

MALANGTIMES -Alun-Alun Kota Batu Selasa (10/7/2018) dipadati oleh kerumunan para Pedagang Kaki Lima (PKL) Alun-Alun Kota Batu bersama Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko dan beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Dewanti melakukan inspeksi mendadak (sidak) sambil olahraga lari sore di Alun-Alun Kota Batu.

Untungnya tidak ada keributan saat mereka bertemu. Mereka bersama bertemu membahas terkait relokasi PKL di Alun-Alun Kota Batu.

Lalu Dewanti juga menyidak salah satu PKL yang memakan badan jalan dan membuat tenda cukup besar. Ia pun bertanya terkait penerapan pembayaran pajak makan. Sebab dalam aturannya bedak tidak boleh memakan jalan.

Dewanti mengatakan selama ini memang kurang adanya komunikasi bersama pihak terkait yakni Satpol PP Kota Batu, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batu, dan Dinas Koperasi Unit Mikro dan Perdagangan (Diskumdag) Kota Batu.

“Kalau dilakukan dengan baik tidak ada masalah sebenarnya. Sehingga kami bersama bertemu untuk mencari titik terangnya,” ujar Dewanti di Alun-Alun Kota Batu. 

Setelah melakukan rundingan bersama Pelaku Niaga Sipil (PNS) atau PKL Dewanti meminta agar pada hari Senin mendatang tidak boleh berjualan di area Alun-Alun Kota Batu. 

“Kalau nanti Senin masih ada di sana kami gak mau main gusur. Kami minta itu komitmennya dijaga supaya Senin tidak ada yang jualan,” imbuhnya. 

Diketahui Satpol PP Kota Batu Kamis (5/7/2018) telah memberikan sosialisasi lewat surat imbauan agar tak lagi berjualan di seputaran alun-alun. Dan Satpol PP memberikan kesempatan waktu selama tiga hari untuk tidak berjualan lagi di seputaran Alun-Alun Kota Batu.

Menurutnya, Dewanti meminta selama satu Minggu untuk libur tidak berjualan agar memberikan solusi terkait relokasi. 

Sementara itu Ketua PNS Kota Batu Puspita Herdisari  menambahkan jika pihaknya siap pada Senin mendatang untuk tidak berjualan. Ya selama satu minggu para PNS sejumlah 84 PNS harus diminta untuk libur.

“Setelah mengobrol bersama kami sepakat diminta libur mulai Senin mendatang. Dan di sini (Alun-Alun Kota Batu) harus bersih dari PKL,” terang Pipit sapaan akrabnya. 

Setelah satu minggu libur, mereka bakal menempati tempat reokasi yakni area Food Court Alun-Alun Kota Batu. “Selama kami libur satu minggu itu kami tetap berkomunikasi bersama dengan Pemkot Batu terkait relokasi,” katanya.


Pewarta : Irsya Richa
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Raafi Prapandha


Top