Social Media

Share this page on:

Langkah-Langkah Hemat Data Kamu Saat Pakai WhatsApp, Termasuk Saat Panggilan Video

12-07-2018 - 09:08
(foto: theregister.co.uk)
(foto: theregister.co.uk)

MALANGTIMES - WhatsApp nampaknya paling digemari di Indonesia. Aplikasi instant messaging (IM) ini berdasarkan survei Online Mobile Instant Messaging yang dilakukan Daily Social di tahun 2017 menempati urutan teratas. WhatsApp paling sering digunakan 97,24% responden survei.

Seringnya melakukan komunikasi melalui WhatsApp tentu saja berdampak pada kuota internet. Tidak ingin boros kuota hanya karena WhatsApp? Coba cek cara ini.

Dalam menu Setelan, kamu bisa mengatur penggunaan data saat membuka WhatsApp. Pilih menu Penggunaan Data.

Pada menu ini akan muncul Unduh Otomatis Media. Pilih menu dengan nama Saat Menggunakan Data Seluler.

Hilangkan semua tanda centang lalu klik OK. Lewat cara ini foto, video, ataupun dokumen yang dikirim melalui WhatsApp tidak otomatis diunduh. 

Cara berikutnya kamu bisa pilih opsi Saaat Tersambung ke WiFi. Kamu bisa memberi tanda centang pada semua pilihan yang ditawarkan.

Tentu saja dengan menekan semua pilihan, otomatis penggunaan data pada WhatsApp kamu hanya bakal dilakukan saat tersambung dengan WiFi, jadi lebih hemat kuota. 

Jika pembaca tidak ingin kehabisan kuota saat melakukan panggilan melalui WhatsApp, Anda bisa melakukan upaya penghematan data internet.

Caranya dengan masuk pada pilihan menu Setelan > Akun > Penggunaan Data. Kamu bisa berikan tanda centang pada bagian Penggunaan Data Minimum. 

Nah, cara berikutnya agar data kamu hemat ialah melakukan pengaturan chat cadangan. Buka menu Setelan > Chatting > Cadangan Chat.

Buang semua tanda centang pada Sertakan Video. Lewat cara ini saat kamu melakukan cadangan chat ke Google Drive lebih cepat dan tentu akan hemat data karena video tidak ikut disimpan ke Google Drive. (*)


Pewarta : Wahida Rahmania Arifah
Editor : Heryanto
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah


Top