Social Media

Share this page on:

TPA Supit Urang Overload, Ini Upaya Penanggulangan Dinas Lingkungan Hidup Kota Malang

12-07-2018 - 20:08
Plt Wali Kota Malang, Sutiaji (berjas hitam) dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang, Agoes Edi Poetranto (paling kanan) saat memantau TPA Supit Urang (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Plt Wali Kota Malang, Sutiaji (berjas hitam) dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang, Agoes Edi Poetranto (paling kanan) saat memantau TPA Supit Urang (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang, melakukan sistem cover tutup lubang gali lubang untuk mengurangi volume penumpukan sampah di TPA Supit Urang Kelurahan Mulyorejo, Kota Malang yang sudah overload.

Sistem cover ini dilakukan dengan metode pengurukan sampah dengan tanah. Dimana sampah yang menumpuk akan diratakan kemudian ditutup atau diuruk dengan tanah sehingga menjadi padat. Setelah padat, kemudian bisa kembali dibuangi sampah dan kembali diurug lagi

"Namun tentunya tidak seterusnya begitu, pastinya akan ada upaya lain, seperti upaya pengurangan volume sampah," ungkap Agoes 

Lebih lanjut ia menjelaskan, selain upaya itu, untuk mengatasi overload sampah, DLH Kota Malang telah bekerjasama dengan Jerman melalui Kementrian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) untuk menyediakan lahan guna pembangunan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST).

"TPST disebelah TPA Supit Urang. Keberadaan TPST ini diharapkan mampu menekan volume sampah yang dibuang di TPA Supiturang bisa berkurang minimal 15 ton per hari," bebernya

Lanjutnya, ada lagi yang saat ini akan diupayakan untuk ditambah, yakni adanya rumah Pemilahan Kompos Daur Ulang (PKD) di 57 kelurahan yang akan ditambah agar semakin bisa menekan volume sampah yang akan dibuang di TPA.

"Di Rumah PKD kan sampah dipilah-pilah lagi, mana yang masih bisa diolah menjadi barnag bernilai, sehingga volume yang akan dibuang akn semakin berkurang. maka rumah PKD ini sangat berguna sekali, sehingga bisa direncanakan akan ada penambahan," ujarnya.

Sementara itu, rencananya, akhir bulan ini akan diadakan mobilisasi alat untuk menangani sampah-sampah yang sudah menggunung di TPA Supit Urang


Pewarta : Anggara Sudiongko
Editor : A Yahya
Publisher : Raafi Prapandha


Top