Social Media

Share this page on:

Jual Beli Kursi di Fakultas Kedokteran

Hardadi : Perjokian Tidak Ada, Kalau yang Mau Titip Banyak

23-08-2015 - 11:45
Gedung UNISMA malang, (Foto: googleimage)
Gedung UNISMA malang, (Foto: googleimage)

MALANGTIMES - Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Islam Malang (Unisma) membantah keras adanya praktik perjokian untuk dapat menjadi mahasiswa FK Unisma. Bahkan, fakultas ini melakukan rangkaian test yang begitu ketat untuk dapat menerima mahasiswa baru FK.

Dekan FK Unisma, Dr Hardadi Airlangga menjelaskan bahwa sejak berdiri tahun 2005 lalu, FK Unisma baru sekali terkena kasus perjokian dan itu tertangkap. "Itu dulu mahasiswa test tapi diwakilin sama orang lain dan pakai alat bantu juga," aku Hardadi kepada MALANGTIMES, Minggu (23/8/2015).

Menurutnya, praktik perjokian untuk masuk FK, tidak bisa dihilangkan begitu saja. Hanya saja, pihak fakultas dan universitaa yang harus pintar menghindari hal itu.
"Memang harus ada pengecekan intens saat tes masuk berlangsung. Di FK Unisma meniadakan pendaftaran online, sehingga calon mahasiswa harus datang sendiri mendaftar untuk melakukan foto.

Foto itu nanti dibawa saat tes dan harus sesuai dengan wajah peserta tes. Pemeriksaan fisik juga dilakukan hingga psikotes setelah tes tulis. Kalau sudah begitu dipastikan tidak ada yang bisa menipu," jelas Hardadi.

Hardadi menambahkan, dia tidak menepis jika ada saja pihak dalam dan luar kampus yang berusaha meminta tolong pada pihak-pihak yang berkepentingan di dalam FK.

"Istilahnya menitip, misal rekan seprofesi saya seperti dosen atau kerabat minta tolong kesaya untuk dapat memasukan anaknya ke FK dengan bayaran fantastis kesaya. Ada aja yang seperti itu," tambahnya.

Namun saat ditanya lebih lanjut, Hardadi menolak untuk menjelaskan dosen-dosen yang menitip anaknya tersebut. "Jangan lah," ujarnya.

Perjokian begitu meresahkan calon mahasiswa FK, sebab bayaran fantastis dapat menyingkirkan calon mahasiswa yang jujur dan memiliki kemampuan dibidangnya. (*)


Pewarta : Tristania Dyah
Editor :
Publisher : Rochmat Shobirin


Top