Social Media

Share this page on:

Pantai Balekambang Siap Menjadi Tempat untuk Pagelaran Wayang

16-09-2015 - 10:07
Asyari, Direktur Administrasi PD Jasayasa. (Foto: Malangtimes)
Asyari, Direktur Administrasi PD Jasayasa. (Foto: Malangtimes)

MALANGTIMES - Akan ada Pagelaran Wayang di kawasan wisata Pantai Balekambang, pada Kamis (17/9/2015) mendatang. Acara ini akan digelar semalaman suntuk, mulai dari pukul 19.00 WIB hingga selesai.

Dalang dari acara wayang ini adalah Ki Suparno, asal Sidoarjo dengan lakon 'Turunnya Wahyu Katentraman'. "Acara ini sebagai tasyakuran, oleh salah satu masyarakat Sidoarjo," ujar Asyari, Direktur Administrasi PD Jasayasa, pengelola Pantai Balekambang.

Menurut adat Jawa, tasyakuran adalah bentuk dari rasa syukur dan terima kasih kepada Sang Maha Kuasa atas rezeki yang diberikan. "Selain itu juga untuk menolak bala. Itu menurut kepercayaan sebagian orang Jawa," imbuhnya. Acara ini bersifat umum, siapapun boleh datang dan menikmati pagelaran wayangnya.

Ditanya mengenai alasan mengapa Pantai Balekambang yang dipilih, Asyari menyampaikan beberapa alasan umum. "Orang yang mempunyai hajat ini melihat bahwa balekambang menjadi pantai wisata yang religi, diyakini memiliki nilai lebih tersendiri. Selain itu, pengelolaan di Balekambang juga bagus dan terorganisir," ujarnya kepada tim MALANGTIMES, Rabu (16/9/2015). (*)


Pewarta : Tjipto Aldike Wandari
Editor :
Publisher : Rochmat Shobirin


Top