Social Media

Share this page on:

Cara Ini Bisa Buat Anak Tak Susah Makan

16-11-2015 - 00:34
Ilustrasi. (foto: googleimage)
Ilustrasi. (foto: googleimage)

MALANGTIMES – Saat usia 2-3 tahun anak akan sulit untuk makan. Orang tua pasti akan khawatir jika anak sudah susah makan. Jika anak kerap menolak makanan yang Anda berikan, pastikan terlebih dulu apakah makanan yang Anda sajikan dalam porsi yang pas untuk mereka ataukah berlebih. Agar anak lebih tertarik untuk makan lakukan hal berikut.

1. Makan bersama keluarga
Selalu sediakan waktu untuk makan bersama anak di meja makan setidaknya sekali setiap hari. Makanlah makanan yang sama dengan yang dimakannya, sehingga ia akan meniru Anda.

2. Buat waktu makan menyenangkan
Cobalah berkreasi dengan bentuk makanan yang dibuat menarik atau sedikit bermain-main ketika menyuapinya. Misalnya, bermain pesawat terbang. Sebaiknya hindari makan sambil menonton televisi.

3. Waktu makan yang konsisten 
Beri makan anak di waktu yang sama setiap harinya. Lalu, batasi waktu makan hanya selama 30 menit. Lebih dari waktu yang ditetapkan, sudahi makannya. Dengan begitu, akan lebih mudah bagi Anda untuk mendisiplinkan anak dalam hal makan.

4. Jangan memaksa 
Jika anak tidak mau makan, hindari selalu memaksakan memasukkan makanan ke mulut anak. Cara ini tidak akan berhasil. Sebaliknya, malah akan membuat anak semakin tidak mau makan bahkan jika terus dipaksa anak bisa muntah.

5. Jangan menjanjikan sesuatu
Menjanjikan sesuatu atau mengiming-imingi anak bukanlah hal yang tepat. “Ayo makan. Nanti dikasih cokelat!” Sebagian anak mungkin tergoda dengan tawaran itu. Tapi, hal ini sebaiknya tidak Anda lakukan. Lain waktu, jika Anda tak lagi mengiming-iminginya dengan sesuatu, ia bisa saja kehilangan selera pada makanannya. (*)


Pewarta : Deasy Mayasari
Editor :
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Indonesia


Top