Social Media

Share this page on:

Ini Caranya Mengatasi Anak yang Pilih-Pilih Makanan

07-12-2015 - 05:27
Ilustrasi. (foto: googleimage)
Ilustrasi. (foto: googleimage)

MALANGTIMES - Hampir semua anak saat usia tiga hingga lima tahun mempunyai kebiasaan pilih-pilih makan. Kebiasaan ini pasti membuat orang tua, khususnya para ibu kebingungan. Karena kebutuhan gizi pada anak sangat penting, ibu harus selalu memperhatikan pola makan anak, sekalipun si anak selalu memilih-milih makanan. Jika ibu mempunyai anak yang pilih-pilih makan atau dikenal dengan picky eater cobalah cara berikut yang dilansir dari The Asian Parent.

1. Kenalkan menu baru


Kenalkan anak dengan menu baru yang beragam. Anak mungkin hanya akan mencicip sedikit dan memuntahkannya. Hargai atas usahanya untuk mencoba makanan yang baru dikenalnya tersebut. Biasanya walaupun si kecil saat ini terlihat tidak menyukai makanan tersebut tetapi suatu saat dia ingat rasa yang pernah dicicipinya ini dan tiba-tiba memintanya. Jangan pernah bosan mengenalkan beragam menu baru pada anak agar menu makan anak lebih bervariasi.

2. Kreasi makanan unik


Buatkan bentuk makanan-makanan yang unik di atas meja makan, sehingga si kecil akan tertarik untuk memakannya. Misalnya menu tumis brokoli, wortel, dan cumi segar. Kombinasi warna yang beragam akan membuat anak tertarik. Jangan lupa untuk menambahkan hiasan diatasnya dan bentuk menyerupai kartun kesukaannya.

3. Biasakan makan bersama


Anak yang pilih-pilih makan biasanya akan tertarik jika melihat semua beramai-ramai makan bersama. Walaupun awalnya ia terlihat tidak mau saat diajak makan, lama-kelamaan ia akan mendekat dan mungkin akan mencoba dengan minta sesuap. Jika mereka merasakan menu yang dimakan terasa enak, mereka akan meneruskan untuk minta suap lagi atau bahkan minta diambilkan untuk makan sendiri.

4. Biarkan saja


Jika masih susah juga diatasi dengan berbagai trik di atas, tidak ada salahnya Anda membiarkan dia untuk tidak makan. Nanti jika dia sudah lapar, dia akan mengambil sendiri makanan-makanan di atas meja makan yang sudah kita siapkan. Sebenarnya anak sudah memiliki inisiatif sendiri untuk memenuhi keinginannya. (*)


Pewarta : Deasy Mayasari
Editor :
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Indonesia

BERITA TERKAIT


Top