Social Media

Share this page on:

Penemuan Mahasiswa UB (3)

Sekali Kucek, Deterjen UB Hilangkan Kotoran

22-07-2014 - 22:12
Proses pembuatan deterjen
Proses pembuatan deterjen

MALANGTIMES – Bagaimana proses pembuatan deterjen alami temuan mahasiswa UB ini? Ketua Tim Peneliti Deterjen Alami FTB UB Devy Setya menjelaskan, proses pembuatan deterjen alami ini menggunakan nanoteknologi. Yakni suatu rekayasa molekuler yang mengubah partikel berskala nanometer.

Nano teknologi ini akan meningkatkan kemampuan deterjen untuk membersihkan noda. ’’Logikanya, makin kecil partikel akan makin memudahkan masuk ke serat kain terkecil. Selain itu partikel nano yang berukuran kecil juga akan meningkatkan daya degradasi deterjen sehingga lebih  mudah diurai oleh mikroorganisme,’’ papar Devy.

iklan

Seperti diketahui, lima mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya (FTP UB) detergen alami berbahan ekstrak getah biduri (Calotropis gigantae) dengan teknologi nano bernama “Bio-Nano Surf”. Mereka adalah Devy Setyana, M. Arham, Sugiyati Ningrum, Anggi Nurvianti, dan Nur Oktavia Suci. Mereka di bawah bimbingan Endrika Widyastuti S.pt. M.Sc. MP. dan Nur Ida Panca STP. MP

Dijelaskan, setelah mengalami proses pengujian yang dilakukan dengan mencuci noda cokelat pada kain dengan perendaman 5 menit dan pengucekan 1 menit, terbukti deterjen alami berbahan getah biduri ini mampu menyamai kemampuan deterjen kimia. Selain itu dilakukan pula uji toksisitas dan nilai baku mutu limbah deterjan untuk menguji tingkat biodegradable (kemampuan terurai di alam-red) pada deterjen alami getah biduri.

’’Terbukti nilai baku mutu limbah deterjen getah biduri lebih rendah dari batas maksimum ketetapan baku mutu limbah pada deterjen komersial sehingga lebih ramah lingkungan,’’ jelas Devy.

Saat ini hasil penelitian “Bio-Nano Surf”  sudah didaftarkan untuk memperoleh hak atas kekayaan intelektual (HAKI) dan akan diikutkan pada konverensi ilmiah di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan Selandia Baru.


Pewarta : Timothy Peter
Editor :
Publisher : Yatimul Ainun

Top