Social Media

Share this page on:

Penemuan Mahasiswa UB (2)

Bahan Dasar Deterjen Tumbuh di Mana-Mana

22-07-2014 - 20:48
Tanaman Biduri
Tanaman Biduri

MALANGTIMES – Seperti apa deterjen alami temuan mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) ini bekerja? Bahan apa yang digunakan untuk membuat detergen ini? ’’Kami sengaja memilih getah tanaman biduri karena memiliki kandungan saponin dan enzim protease yang mampu bertindak sebagai deterjen alami,’’ jelas Devy Setyana, ketua tim peneliti.

Seperti diketahui, lima mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya (FTP UB) detergen alami berbahan ekstrak getah biduri (Calotropis gigantae) dengan teknologi nano bernama “Bio-Nano Surf”. Mereka adalah Devy Setyana, M. Arham, Sugiyati Ningrum, Anggi Nurvianti, dan Nur Oktavia Suci. Mereka di bawah bimbingan Endrika Widyastuti S.pt. M.Sc. MP. dan Nur Ida Panca STP. MP

iklan

Devy yang juga mahasiswa jurusan Teknologi Industri Pertanian (TIP FTP) angkatan 2010 ini menjelaskan, saponin merupakan jenis glikosida yang dapat membentuk buih dalam air. Selain itu saponin juga dapat mengangkat kotoran dan menurunkan tegangan air. Sementara protease adalah enzim yang dapat merombak protein.

’’Dengan demikian keberadaan enzim protease dapat membantu kinerja saponin dalam membersihkan noda karena kemampuannya dalam memecah protein yang merupakan salah satu komponen utama kotoran pakaian,” jelas Devy menuturkan.

Devi menambahkan biduri (Jawa; Klerek) merupakan tanaman lokal Indonesia yang ketersediaannya cukup melimpah. Tanaman ini termasuk mudah tumbuh dan tidak bersifat musiman, tapi masih minim pemanfaatan. Bahkan sebagian masyarakat masih menganggap hama karena mengandung kalsium oksalat yang menyebabkan gatal-gatal. ’’Padahal dengan netralisasi menggunakan HCl pada konsentrasi aman sebesar 0,2–1% sebenarnya hal itu dapat diatasi sehingga kita bisa mengambil manfaat dari saponin dan protease yang dimilikinya,” jelasnya lebih lanjut.


Pewarta : Timothy Peter
Editor :
Publisher : Yatimul Ainun

Top