Social Media

Share this page on:

Penemuan Mahasiswa UB (1)

Prihatin Lingkungan, FTP Buat Detergen Alami

22-07-2014 - 19:52
Para mahasiswa FTP Universitas Brawijaya penemu detergen
Para mahasiswa FTP Universitas Brawijaya penemu detergen

MALANGTIMES – Pencemaran lingkungan akibat limbah deterjen sebentar lagi bisa dikurangi. Bahkan, pencemaran limbah itu bisa dihilangkan asalkan penggunaan ditergen kimia diganti dengan ditergen alami. Ya, detergen alami inilah yang diciptakan lima mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya (FTP UB).

Mereka menciptakan detergen alami berbahan ekstrak getah biduri (Calotropis gigantae) dengan teknologi nano bernama “Bio-Nano Surf”. Mahasiswa penemu detergen ini adalah Devy Setyana, M. Arham, Sugiyati Ningrum, Anggi Nurvianti, dan Nur Oktavia Suci. Mereka di bawah bimbingan Endrika Widyastuti S.pt. M.Sc. MP. dan Nur Ida Panca STP. MP

iklan

’’Kami prihatin karena penggunaan zat aktif surfaktan Alkil Benzena Sulfonat (ABS) dan Linear Alkil Sulfonat (LAS)  pada produk pembersih detergen diketahui menimbulkan dampak negatif bagi makhluk hidup,’’ jelas Devy.

Mengapa? Menurut Devy, zat tersebut adalah bahan aktif berbahaya yang sulit diuraikan oleh mikroorganisme sehingga dapat mencemari lingkungan. Khususnya air sungai. Bahkan zat tersebut menyebabkan kematian pada biota laut.

’’Selain itu, kandungan ABS dan LAS pada deterjen juga memiliki dampak negatif bagi kesehatan akibat residu cemaran yang masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan iritasi kulit,’’ jelasnya.

Atas dasar itulah, para mahasiswa FTB UB ini ingin agar pemakaian detergen tidak mencemari lingkungan. Apalagi penggunaan detergen sangat tinggi. ’’Ini yang mendasari kami melakukan riset tersebut. Apalagi masyarakat makin banyak yang menggunakan detergen seiring dengan makin besarnya jumlah penduduk,’’ jelas Devy.


Pewarta : Timothy Peter
Editor :
Publisher : Yatimul Ainun

Top