Social Media

Share this page on:

Dimulainya Revolusi Mental Kota Malang (8)

Tak Perlu Khawatir Pecah, Jembatan Gantung Kaca Jodipan Didesain Secara Khusus

25-03-2017 - 22:46
Ilustrasi
Ilustrasi

MALANGTIMES - Jembatan kaca? Ya itulah nanti jembatan yang akan dibangun mengintregasikan dua tempat wisata yang sebelumnya adalah kampung kumuh menjadi satu kesatuan.

Proses pembangunannya akan dikebut tahun ini karena Pemerintah Kota Malang menjadi tuan rumah Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi).

iklan

Tak perlu takut pecah atau ragu untuk melewati jembatan tersebut. Karena kaca khusus yang menjadi alas jembatan didesain khusus sehingga dijamin kuat menopang beban berat para pengunjung Kampung Warna-warni dan Kampug Tridi.

Vice President PT Inti Daya Guna Aneka Warna, Steven Antonius Sugiarto, pimpinan perusahaan yang menyiapkan Corporate Social Responbility (CSR) mengungkapkan pendanaan pembangunan jembatan kaca berkisar lebih dari Rp 1 miliar mengingat material yang akan digunakan memang khusus.

"Dananya memang membengkak dari yang kami estimasi oleh karena materialnya memang khusus dan mahal. Pemerintah Provinsi juga meminta ukuran besinya khusus.  Abah (Wali Kota Malang, HM Anton, red) juga minta material lantai jembatan terbuat dari kaca yang bagus dan kuat," jelasnya.

"Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) sendiri sebagai leading sector juga optimis untuk peletakan batu pertama akan dilakukan pada 27 April 2017.  Estimasi tiga bulan selesai,  jadi pada waktu Apeksi jembatan kaca ini sudah terbangun," tambahnya.

Sebelumnya, pihak PT Inti Daya Guna Aneka Warna (Indana) mengalami kesulitan dalam mengurus perizinan pembagunan jembatan tersebut.

Akhirnya pihak PT Indana berkonsultasi dengan Wali Kota Malang yang menyuruh DPUPR untuk menyelesaikan pengurusan izin ini.

"Sebelumnya kami yang mengurus izinnya, namun mengalami kesulitan, mungkin karena kami pihak swasta," ungkapnya.

Terkait besaran dana CSR yang dikeluarkan, pihaknya mengaku cukup signifikan untuk membantu mewujudkan kampung yang bersih yang efeknya hingga ke tingkat nasional ini.

"Karena kami memang perusahaan cat maka kampung-kampung ini kami bantu cat agar terlihat bersih dan indah. Saya melihat efeknya tidak hanya di Malang saja, namun sudah sampai ke seantero negeri bahkan mancanegara,"pungkasnya.


Pewarta : Anggara Sudiongko
Editor :
Publisher : Aditya Fachril Bayu


Top