Social Media

Share this page on:

Ada Jual Beli Organ Tubuh di Malang? (19)

Kasus Jual Beli Ginjal di Malang Booming, Wakil Gubernur Angkat Bicara

23-12-2017 - 22:24
Gus Ipul (kiri) saat menghadiri Ngaji Aswaja di Pondok Sabilurrasyad, Gasek.(Foto: Hezza Sukmasita/MalangTIMES)
Gus Ipul (kiri) saat menghadiri Ngaji Aswaja di Pondok Sabilurrasyad, Gasek.(Foto: Hezza Sukmasita/MalangTIMES)

MALANGTIMES- Kisah tragis yang dialami Ita Diana, 41, yang mendonorkan ginjalnya kepada Erwin Susilo membuat Wakil Gubernur Jawa Timur Syaifullah Yusuf angkat bicara. Dalam kasus tersebut menyeret nama rumah sakit terbesar di Kota Malang yakni Rumah Sakit Saiful Anwar yang diduga melakukan jual beli ginjal.

Pria yang akrab disapa Gus Ipul ini mengatakan bahwa dirinya akan memastikan terlebih dahulu terhadap kasus yang mendera rumah sakit plat merah ini. Sebab, rumah sakit tersebut merupakan salah satu rumah sakit yang berada di bawah kendali Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

iklan

"Kita akan coba cek dan pastikan dulu,"ujar Gus Ipul di sela-sela kegiatan pengajian di Pondok Pesantren Sabillurrasyad, Sabtu (23/12).

Dia mengatakan bahwa rumah sakit memiliki prosedural yang harus ditaati untuk setiap tindakan yang akan dilakukan kepada pasien. Tentunya untuk tindakan yang tidak sesuai dengan ketentuan Gus Ipul siap tindak tegas rumah sakit yang bersangkutan.

"Rumah sakit ada prosedurnya, tidak boleh bertindak di luar prosedur. Kalau (bertindak) di luar prosedur tentu akan ada sanksi," tegasnya.

Saat ditanya mengenai nasib pendonor ginjal yang merasa tertipu, Gus Ipul memilih mencari tahu lebih detail terlebih dahulu terhadap kasus ini. "Kebetulan saya belum tahu itu kasusnya. Coba nanti saya cari tahu dulu," ujarnya sambil berlalu.

Seperti diketahui bersama, Ita Diana mendonorkan ginjalnya kepada Erwin Susilo pada Februari silam. Ita dijanjikan akan dilunasi hutangnya sebesar Rp 350 juta oleh Erwin pasca transplantasi ginjal. Namun hingga berita ini diturunkan sejumlah uang yang dijanjikan tidak juga diberikan kepada pendonor ginjal.


Pewarta : Hezza Sukmasita
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Raafi Prapandha

Top