Social Media

Share this page on:

Akreditasi Jurusan Kampus Swasta di Malang Dipertanyakan (12)

Usia 42 Tahun, Unikama Tak Miliki Jurusan Berakreditasi A

30-12-2017 - 18:59
foto istimewa
foto istimewa

Akreditasi Jurusan Kampus Swasta di Malang Dipertanyakan (12)

 

iklan

MALANGTIMES - Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) merupakan salah satu kampus ternama di Malang. Namun, siapa sangka, ternyata berdasarkan hasil data dari Kopertis VII Jawa Timur pada 2016, tak ada satupun program studi (prodi) di Unikama yang terakreditasi A.

Padahal, bila menilik dari sejarah berdirinya Unikama, kampus ini bisa terbilang cukup tua usianya. Sebelum bernama Unikama, kampus yang berada di Sukun tersebut sudah berdiri sejak 1975 dengan nama Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) PGRI.

(Baca Juga :Masih Terakreditasi C, Rektor Unira: Kalau Langsung A Malah Perlu Dipertanyakan)

Hanya saja berdasarkan buku berjudul Direktori Perguruan Tinggi Swasta Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah VII Jawa Timur 2016, belum ada satupun jurusan di Unikama yang terakreditasi unggul, termasuk untuk prodi ilmu pendidikan.

Dari 21 prodi yang ada di Unikama, 17 di antaranya terakreditasi B dan empat prodi lainnya terakreditasi C. Berdasarkan data Kopertis VII Jatim, prodi Unikama strata 1 (S1) yang terakreditasi B adalah peternakan, sistem informasi, manajemen, akuntansi, ilmu hukum, sastra Inggris, pendidikan matematika, pendidikan fisika, bimbingan konseling, pendidikan guru sekolah dasar (PGSD), pendidikan geografi, pendidikan ekonomi, pendidikan pancasila dan kewarganegaraan, pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, pendidikan bahasa Inggris.

Sedangkan, prodi yang terakreditasi C adalah teknik informatika, pendidikan guru anak usia dini. Dan untuk prodi strata 2 (S2) yang terakreditasi B adalah pendidikan ilmu sosial. Untuk prodi S2, yang terakreditasi C yaitu manajemen. Lalu, untuk prodi diploma 3 (D3) yang terakreditasi C adalah manajemen informatika, sedangkan bahasa Jepang berakreditasi B.

Wakil Rektor I Unikama Dr Sudi Dul Aji M.Si mengakui, hingga saat ini belum ada satupun prodi di universitasnya yang menyandang status akreditasi A. "Memang semua prodi di Unikama belum terakreditasi A, kami sekarang masih berproses menuju akreditasi lebih unggul," kata Sudi kepada MalangTIMES.

Disinggung kendala tak mencapai akreditasi A di kampus yang sudah berusia 42 tahun itu, menurutnya, ada beberapa indikator yang perlu dibenahi. Di antaranya meningkatkan tata kelola, kemahasiswaan, sarana dan prasarana, serta sumber daya manusia yang didukung dari sisi pendidikan, penelitian, serta pengabdian dosen.

"Salah satunya tentang publikasi ilmiah dosen, tahun ini kami sudah mengirimkan sebanyak 35 dosen mengikuti publikasi ilmiah di Bandung, Surabaya, dan Jogjakarta untuk meningkatkan kualitas penelitian dan pengabdian dosen," papar dia.

Untuk menutupi kekurangan indikator itu, selain publikasi ilmiah dosen, indikator dalam meningkatkan akreditasi kampus yaitu meningkatkan jabatan fungsional dosen. Saat ini, Unikama memiliki 227 dosen dengan 5 guru besar.  "Kami juga membenahi jabatan dosen naik menjadi lektor kepala, asisten ahli menjadi lektor, kami sekarang masih berproses menuju ke sana," terangnya.

Disinggung bagaimana kampus Unikama dalam meningkatkan status akreditas B ke A, kata Sudi ada beberapa indikator yang harus dipenuhi oleh setiap perguruan tinggi sebagai bahan penilaian dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Dia menjelaskan, status kampus Unikama saat ini menyandang akreditasi B sejak 2015. Untuk reakreditasinya nanti 2019 mendatang. ”Kami masih berjalan mempersiapkan akreditasi B menuju A," lanjut Sudi.

Sebab BAN-PT ini sebagai lembaga yang berwenang bakal melakukan asesmen dan visitasi untuk memeriksa kesesuaian antara dokumen borang (formulir) akreditasi dengan fakta di lapangan.

 

Walaupun Unikama masih belum mempunyai satupun jurusan atau prodi yang terakreditasi A, ternyata kampus tersebut cukup mempunyai banyak peminat. Terbukti, pada 2017 ini, jumlah mahasiswa barunya mencapai angka1.680 orang.

Bagaimana tanggapan mahasiswa Unikama mengenai masih belum adanya jurusan di kampusnya yang terakreditasi A? Salah satu mahasiswa prodi sastra Inggris, Mariana Ulfa mengatakan, dirinya memilih prodi Bahasa Inggris karena sudah terakreditasi B.

"Alasanya saya masuk kesini pertama saya lihat dulu kualitas pendidikan jurusannya dan kampusnya, ternyata sudah nilai B, akhirnya saya ambil jurusan bahasa Inggris di sini," kata gadis asal Kediri tersebut.


Pewarta : imam syafii
Editor : Heryanto
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah

Top