Social Media

Share this page on:

5 Kota dan Kabupaten Ini Lahir Berabad- abad Silam, Kabupaten Malang Abad ke Berapa Ya?

03-01-2018 - 15:46
foto via google
foto via google

Indonesia meski masih berusia 72 tahun tapi ternyata memiliki kota dan kabupaten yang usianya jauh lebih tua. Bagaimana tidak, kota dan kabupaten ini dulunya ada sejak jaman kerajaan-kerajaan yang di masa itu rata-rata masih bernama kadipaten. Seiring dengan berkembangnya jaman, wilayah-wilayah ini dikenal dengan kota atau kabupaten.

Nah, MalangTIMES mencoba menghimpun lima kota/kabupaten tertua di Indonesia. Kabupaten Malang menjadi satu dari lima kota/kabupaten tersebut.

1. PALEMBANG


Kota ini berdiri pada 16 Juni 682 Masehi, seperti yang tertulis di sebuah prasasti Kedukan Bukit. Keberadaan prasasti tersebut juga mengukuhkan posisi Palembang sebagai kota tertua di Indonesia. Kota tersebut juga menjadi pusat Kerajaan Sriwijaya yang merupakan kekuatan maritime terbesar se-Asia Tenggara.

Palembang adalah kota terbesar kedua di Pulau Sumatera setelah Kota Medan. Kota ini memiliki luas wilayah sekitar 358,55 kilometer persegi. Lebih dari 1,7 juta orang tinggal di kota yang berjuluk Bumi Sriwijaya ini. Ikon utama dari kota ini adalah Jembatan Ampera yang khas.

2. SALATIGA


Salatiga merupakan kota kecil yang terletak di Provinsi Jawa Tengah yang berdiri sejak tahun 750 Masehi. Meskipun kota ini kecil, namun kota ini menyimpan sejarah yang panjang dan kuat karena pernah megalami sebuah peperangan hebat di masa kerajaan.

Lahirnya kota Salatiga ini tertuang dalam sebuah tulisan yang tertera jelas di atas sebuah batu andesit, yang dikenal sebagai Prasasti Plumpungan. Prasasti tersebut berada di Desa Kauman Kidul, Sidorejo.

3. KABUPATEN MALANG


Bupati Malang pertama adalah Raden Tumenggung Notodiningrat I yang diangkat oleh pemerintah Hindia Belanda berdasarkan Resolusi Gubernur Jenderal 9 Mei 1820 Nomor 8 Staatblad 1819 Nomor 16. Kabupaten Malang merupakan wilayah yang strategis pada masa pemerintahan kerajaan- kerajaan.

Bukti-bukti yang lain, seperti beberapa prasasti yang ditemukan menunjukkan daerah ini telah ada sejak abad VIII dalam bentuk Kerajaan Singhasari dan beberapa kerajaan kecil lainnya seperti Kerajaan Kanjuruhan seperti yang tertulis dalam Prasasti Dinoyo.

Prasasti itu menyebutkan peresmian tempat suci pada hari Jum`at Legi tanggal 1 Margasirsa 682 Saka, yang bila diperhitungkan berdasarkan kalender kabisat jatuh pada tanggal 28 Nopember 760. Tanggal inilah yang dijadikan patokan hari jadi Kabupaten Malang

4. KEDIRI


Kota Kediri adalah salah satu kota tertua di Indonesia yang berdiri sejak 25 Maret tahun 879 Masehi. Berada di Porvinsi Jawa Timur kota ini memiliki luas mencapai 63,40 kilometer persegi. Kota Kediri juga dikenal sebagai pusat perdagangan gula dan rokok terbesar di Indonesia. Sejarah kerajaan Kediri dan Singasari memang sangat kental dengan kota ini. Berbagai peninggalan kerajaan-kerjaan pun terdapat di Kota Kediri. 

5. MAGELANG


Meskipun Magelang merupakan kota yang kecil, namun memiliki sejarah yang sangat kuat dan bernilai tinggi. Kota Magelang terkenal karena menjadi lokasi salah satu keajaiban dunia, yaitu Candi Borrobudur.

Magaleng resmi didirikan sebagai kota pada 11 April 907 Masehi. Pada abad ke-18 Inggris pernah memerintah kota Magelang dan dijadikan pusat pemerintahan. Bupati pertama yang mempelopori pengembangan kota Magelang adalah Mas Ngabehi Danurukmo.

 


Pewarta : Hezza Sukmasita
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher :


Top