Social Media

Share this page on:

Disapu Angin, Pohon Kenari Berusia Setengah Abad Lebih Tumbang

28-01-2018 - 19:32
Kondisi pohon kenari yang tumbang di Jalan Diponegoro Kota Malang, Minggu (28/1/2018) (Foto: Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Kondisi pohon kenari yang tumbang di Jalan Diponegoro Kota Malang, Minggu (28/1/2018) (Foto: Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Angin kencang yang menyapu Kota Malang, Minggu (28/1/2018) memakan korban. 

Pohon kenari besar di Jalan Diponegoro, Klojen, Kota Malang tumbang. Pohon yang sudah berusia 50 tahun lebih tersebut tumbang sekitar pukul 14.20 WIB.

iklan

Totok Murdianto (64), warga sekitar lokasi kejadian menjelaskan saat kejadian, angin bertiup sangat kencang. Selang beberapa menit kemudian, tiba-tiba pohon sepanjang 20 meter tersebut patah pada area 4 meter sebelum pangkal pohon. 

"Ambruknya nggak langsung mas, tadi pelan-pelan. Saya juga kaget suaranya kratak-kratak gitu, saya lihat ke depan ternyata pohonya mau patah, langsung saya keluar kasi tahu pengguna jalan agar hati-hati," bebernya, Minggu (28/1/2018).

"Kalau usia pohonnya mungkin 50 tahun lebih mas. Saya saja di sini mulai tahun 1975, pohon ini sudah ada, dan kondisinya juga sudah besar gini," tambahnya.

Saat kejadian, memang ada beberapa mobil yang parkir di bawah pohon. Beruntung, mobil-mobil tersebut bisa terselamatkan.

"Ya untungnya itu nggak langsung ambruk, pelan-pelan, jadi mobil-mobil yang ada di bawahnya itu bisa segera dipinggirkan," ungkapnya.

Pohon tersebut akhirnya ambruk menimpa jaringan-jaringan kabel listrik dan telepon yang melintang di jalan tersebut. Kerusakan parah dialami kabel telepon yang putus tertimpa dahan pohon besar tersebut.

"Baru sekitar setengah jam petugas dari Dinas  Pertamanan Kota Malang datang membersihkan dahan-dahan pohon tersebut. Batang-batangnya dipotongi agar bisa dipinggirkan. Besok katanya mau diangkuti, mungkin pakai truk mas, soalnya kan besar-besar batangnya," pungkasnya.


Pewarta : Anggara Sudiongko
Editor : Heryanto
Publisher : Angga .

Top